Sukses

Sulit Tidur? Coba Bersihkan 3 Tempat Ini

Tiga hal di kamar tidur yang bisa Anda bersihkan untuk mengatasi sulit tidur.

Liputan6.com, Jakarta Sulit tidur cenderung lebih sering dialami wanita ketimbang pria. Menurut penelitian National Sleep Foundation, sekitar 63 persen wanita mengalami sulit tidur di malam hari selama beberapa kali dalam seminggu.

Profesor Jim Horner dari Loughborough University Sleep Research Centre menjelaskan, kesulitan tidur yang dialami wanita ini disebabkan karena wanita makhluk multitasking yang secara biologis lebih banyak mempergunakan otaknya. Sebagai ibu, tubuh wanita dirancang untuk lebih waspada dan cepat bereaksi, misalnya saja langsung terjaga saat bayi menangis di malam hari.

Masalah sulit tidur ini bisa diatasi dengan beberapa cara seperti mengubah pola makan, dan beberapa kebiasaan. Membersihkan beberapa tempat di kamar tidur juga membantu mengatasi masalah ini.

Berikut 3 hal di kamar tidur yang bisa Anda bersihkan untuk mendapatkan tidur lebih berkualitas, dikutip dari laman Today, Rabu (2/3/2016):

1. Tempat Tidur

Sarung bantal, selimut, sprei, dan bed cover harus diganti seriap minggu atau lebih sering bila binatang peliharaan Anda juga ikut tidur bersama. Cuci sprei, sarung bantal, dan selimut dengan air panas dan vacuum kasur sebelum memasang sprei bersih. Jangan lupa membersihkan kolong tempat tidur serta bagian belakang kepala tempat tidur seminggu sekali.

2. Kipas Angin Atap

Ceiling fan atau kipas angin yang dipasang di langit-langit kamar tidur seringkali terlewat untuk dibersihkan. Padahal debu yang menempel di sana bisa mengakibatkan alergi yang membuat Anda sulit tidur.

Bersihkan kipas angin beberapa minggu sekali menggunakan kain yang tak terpakai.

3. Lantai

Gunakan kain pel untuk membersihkan lantai dan vacuum karpet dalam kamar Anda. Pastikan Anda memvacuum karpet seminggu sekali untuk menghalau debu yang mungkin menyebabkan sulit tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini