Sukses

Apa Penyebab Rambut Berubah Warna?

Ini yang terjadi pada pertumbuhan rambut yang berubah menjadi warna abu-abu bahkan putih

Liputan6.com, Jakarta Setiap helai rambut manusia miliki arti tertentu tak hanya wanita yang anggap rambut adalah mahkota, pria pun merasa lebih percaya diri jika miliki rambut yang lebat dan hitam.

Warna rambut memang menjadi pilihan masing-masing individu - namun warna hitam menjadi pilihan umum untuk pria dan wanita. Lalu bagaimana dengan warna rambut yang tiba-tiba tumbuh menjadi abu-abu bahkan putih yang dikenal dengan uban?

Warna rambut dikendalikan oleh pigmen tertentu pada rambut yang disebut melanin - pendapat bahwa uban berwarna putih dan abu-abu masih alami perdebatan. Melansir laman Gaizu Path, ditulis Senin (07/3/2016) satu kelompok mengatakan, perbedaan warna pada rambut berasal dari hal fisiologis dan kebiasaan individu - bisa terjadi akibat kurangnya pigmen melanin dalam folikel rambut dan pendapat lain mengklaim proses patologis menjadi alasan dari perubahan warna rambut.

Meskipun tak semua orang peduli terhadap warna rambut mereka namun kini pertumbuhan rambut berwarna abu-abu atau putih menjadi salah satu keluhan oleh para remaja.

Penelitian saat ini tengah memahami kaitan etiologi atau penyebab dasar apa yang membuat remaja miliki rambut berwarna abu-abu bahkan putih - yang disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

Peneliti menunjukkan alasan yang paling tepat untuk menjelaskan pertumbuhan rambut putih yaitu albinisme yang terjadi akibat adanya kelainan genetik. Di mana pembentukan melanin terganggu sehingga menampakkan rambut putih serta kulit putih - malnutrisi dan anemia juga miliki pengaruh terhadap perubahan warna rambut.

Sedangkan individu yang menua mengalami perubahan terhadap penurunan pada melanin sehingga kemampuan folikel rambut berubah warna menjadi abu-abu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.