Sukses

Bromance, Persahabatan Antar Cowok yang Dapat Hilangkan Stres

Bromance, alias persahabatan antar pria, memiliki manfaat penting yang jangan sampai terlewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Pria yang menjalin hubungan persahabatan dengan teman yang juga seorang ppria (bromance) dapat membuat mereka hidup lebih lama dan lebih sehat, karena secara tak langsung mereka mampu mengelola stres dengan lebih baik.

Temuan yang dipublikasikan secara online ke dalam jurnal Neuropsychopharmacology oleh Elizabeth Kirbu dari Stanford University di Amerika Serikat didasari pada satu studi tentang tikus jantan yang ditempatkan ke dalam kandang yang sama.

Elizabeth menemukan, stres ringan justru membuat tikus jantan itu bersosialisasi dengan baik dan lebih kooperatif daripada saat mereka berada di lingkungan yang membuat mereka tertekan.

Setelah stres ringan, tikus-tikus itu menunjukkan peningkatan kadar hormon oksitosin di otak. Inilah yang mendorong seorang pria lebih terikat karena hanya dengan cara seperti ini mereka terbebas dari stres.

"Tikus-tikus ini menggunakan ikatan persahabatannya untuk pulih dari stres. Yang di kehidupan nyata saat ini digunakan para pria," kata Elizabeth dikutip dari Times of India, Senin (7/3/2016)

Cara seperti ini juga dapat dilakukan oleh mereka yang mengalami gangguan stres pasca trauma. Oksitosin membantu penderita PTSD mengusir kenangan buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.