Sukses

8 Hal Ini Diam-diam Bikin Anda Stres

Sesungguhnya ada beberapa hal di rumah yang bisa membuat Anda dan penghuni lainnya jadi stres.

Liputan6.com, Jakarta Apapun keadaannya, kata orang rumah adalah tempat ternyaman dibanding hotel indah milik orang lain sekali pun. Namun sesungguhnya ada beberapa hal di rumah yang bisa membuat Anda dan penghuni lainnya jadi stres.

Jika mengalami makan berlebih, terjaga di tengah malah, menggigit kuku, atau merasakan gejala stres lainnya bisa jadi ada sesuatu dalam rumah yang memicu hal itu terjadi.

Berikut, delapan hal yang bisa membuat seseorang stres seperti dikutip laman Good Housekeeping, Sabtu (5/3/2016).

1. Rumah berantakan maupun terlalu penuh

Coba lihat kondisi rumah Anda, apakah tertata rapi atau malah penuh dengan tumpukan kertas, banyak barang, atau bak cuci piring penuh dengan piring kotor? Jika iya, kondisi ini memungkinkan seseorang menjadi stres.

Menurut penelitian dari UCLA Center of Everyday Lives and Families, Amerika Serikat ada hubungan antara tingginya kortisol, yakni hormon stres dengan wanita yang rumahnya terlalu penuh dengan benda-benda dan berantakan.

2. Televisi

Usai pulang dari bekerja atau luar rumah tak sedikit orang langsung menyalakan televisi. Padahal suara berisik dari tayangan televisi bisa menyebabkan stres. Apalagi jika Anda menonton televisi sambil mengerjakan tugas.

3. Konsumsi junk food

Tahu dong dengan pepatah Barat `You are what you eat`? Makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh tak hanya berkorelasi dengan berat badan, tapi juga tingkat kecemasan, menurut Stress Management Society.

Konsumsi makanan junk food dan kafein bisa memicu stres. Sementara jika makanan yang dikonsumsi kaya vitamin dan mineral malah bisa menurunkan tingkat stres seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nota, cermin, dan tempat tidur

4. Tagihan atau nota

Baik tagihan listrik, cicilan rumah, belanja rumah yang disimpan dan Anda mudah melihatnya tanpa disadari menimbulkan sedikit sakit kepala. Finansial tak dipungkiri menjadi salah satu problema dalam kehidupan rumah tangga.

Ada baiknya menyimpan nota atau bon di tempat khusus, misalnya ruang kerja. Bukan di kamar atau ruang keluarga.

5. Anggota keluarga

Anak yang  kembali mengobrak-abrik mainannya, suami yang lupa mencuci piring usai makan, istri yang sering belanja berlebih bisa jadi pemicu stres. Itu alasannya mengapa penting memiliki 'me time'.

6. Cermin

Bagi yang memiliki masalah dengan tampilan fisik, kehadiran cermin di rumah bisa jadi pemicu stres. Menurut laporan riset dari Institute of Psychiatry di London, orang yang melihat dirinya ke cermin banyak yang stres tentang tampilannya. Jadi ada baiknya Anda percaya diri atau gunakan cermin seperlunya.

7. Pekerjaan

Membawa pekerjaan kantor ke rumah menurut Health and Safety Executive bisa memengaruhi kehidupan di rumah dan menyebabkan stres.

8. Tempat tidur berantakan

Rapi merupakan salah satu cara untuk mencegah stres datang. Oleh karena itu usai bangun tidur segera rapikan sprei, bantal, dan selimut. Hal ini akan membuat Anda saat pulang usai beraktivitas tidak stres dan tidur pun lebih nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.