Sukses

Berbuat Salah? Segera Lakukan 3 Hal Ini

Kesalahan menjadi hal yang wajar dan sering kali menghampiri semua individu saat kesalahan tengah Anda perbuat, lakukan lah tiga langkah ini

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan manusia kesalahan menjadi hal yang wajar dan sering kali menghampiri semua individu di setiap harinya. Saat seseorang melakukan kesalahan baik sengaja dan tidak disengaja bisa berakibat kondisi hubungan dengan orang lain merenggang juga berdampak pada keterpurukan diri sendiri.

Berada pada kondisi tertekan sering kali mengganggu kemampuan seseorang untuk melanjutkan aktivitasnya. Dilansir dari laman zenhabits, Satu (5/3/2016) dengan menjalani hal berikut bisa bantu diri keluar dari rasa bersalah berkepanjangan.

Langkah 1: Katakan kepada mereka apa yang Anda rasakan

Untuk mengekspresikan penyesalan, ungkapkan apa yang Anda rasakan. Dengan cara meminta maaf hal tersebut menjadi langkah yang lebih efektif untuk melepaskan perasaan yang mengganjal.

Hanya dengan berbagi perasaan, rasa menyesal dan dendam tak lagi melanda diri Anda.

Langkah 2: Akui kesalahan Anda dan terima dampaknya

Hal ini merupakan bagian yang paling sulit, sebab mengakui dan menerima akibat dari kesalahan yang telah diperbuat memerlukan keikhlasan yang besar.

Bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat haruslah diterima dengan lapang dada. Dengan bertanya kepada diri sendiri apakah yang dirasakan oleh orang lain atau memikirkan apa yang kita lakukan berdampak terhadap orang lain, membantu diri untuk menyadari apa yang telah Anda perbuat.

Dengan mengakui kesalahan yang Anda perbuat serta berempati kepada orang yang Anda kecewakan dapat menunjukkan bagaimana Anda mencoba memahami perasaan orang lain.

Meminta maaf secara langsung dan berikan penjelasan yang tepat akan membantu diri Anda bangkit dari penyesalan.

Langkah 3: Membuat situasi yang tepat untuk meminta maaf

Permohonan maaf secara nyata atau simbolik menentukan kesempatan kredibilitas diri sendiri kembali membaik. Seperti mengakui kesalahan diri sendiri, meminta maaf juga merupakan bagian dari cara memperbaiki suatu hubungan. Tak hanya itu dalam suatu hubungan simbol seperti berpelukan mengandung makna dan situasi membaik seperti semula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini