Sukses

Usia Berapa Anak Harus Mandi Sendiri?

Tak sedikit keluarga di Indonesia yang selalu menuruti permintaan anaknya bila ingin mandi bersama.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit keluarga di Indonesia yang selalu menuruti permintaan anaknya bila ingin mandi bersama. Padahal, usianya bukan lagi tergolong balita. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua dan usia berapa sebenarnya anak harus mandi sendiri?

Psikolog Rini Hildayani menerangkan, pada beberapa keluarga, hal ini memang sering dimaklumi. Tapi anak maksimal usia 5-6 tahun sebenarnya sudah bisa mandi sendiri.

"Usia 3-6 tahun itu proses mandiri. Artinya, dia masih boleh dimandikan tapi juga perlahan bisa diajarkan untuk mandi sendiri. Caranya, bisa dengan mandi bersama kemudian ibu atau ayah bisa bilang, nanti kamu gosok bagian depan ya, ayah bagian belakang. Tuh, bisa sendiri. Dengan cara demikian, perlahan dia bisa mandi sendiri," kata Rini saat ditemui wartawan di Kota Kasablanka, Jakarta (29/2/2016).

Cara lain, kata dia, mengajak kakak untuk membantunya. "Kakak mengasuh adik dan mandi bersama, enggak apa-apa. Tapi kalau adiknya sudah lima tahun, bisa didorong untuk melakukannya bersama. Jadi kakak bisa jadi supervisor, misalnya kamu sekarang gosok bagian perut ya, nanti kakak bantu pungungnya. Lama-lama dia bisa sendiri juga."

"Kemandirian ini bukan hanya bisa dilatih saat mandi. Pada saat tidur pun demikian. Jangan tolak mentah-mentah anak yang mengajak mandi atau tidur bareng. Bilang saja, boleh tidur sama ayah bunda. Tapi besok tidur sendiri, ya. Nanti lama-lama dia juga akan tidur sendiri," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini