Sukses

Kenali 6 Tanda Rasa Gatal dan Ruam di Bagian Bokong

Berikut enam tanda gatal dan ruam di permukaan kulit bokong yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal bisa melanda permukaan tubuh mana pun termasuk kulit di bagian bokong. Gatal yang mengakibatkan ruam di permukaan kulit perlu mendapat perhatian khusus bahkan tindakan medis untuk menghindari penyakit serius.

Seperti dilansir dari laman Prevention, Senin (29/2/2016) berikut enam tanda gatal dan ruam di permukaan kulit bokong yang perlu diketahui.

1. Ruam menyakitkan

Rasa gatal yang meninggalkan ruam, kemerahan, dan berbentuk lepuhan memiliki kemungkinan penyakit herpes akibat cairan dari alat kelamin atau saat seks oral.

Sarika M. Ramachandran, MD, seorang asisten profesor dermatologi di New York University Langone Medical Center mengatakan, "Tanda ini mirip dengan wabah herpes akibat seks oral," ujarnya.

2. Ruam dan bersisik

Infeksi akibat jamur umumnya terjadi pada permukaan kaki. Tapi pada beberapa kasus bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya.

Ramachandran mengatakan jamur dapat berkembang dalam keadaan lembap sehingga menghasilkan infeksi pada tubuh. Akibat gesekan yang terjadi di beberapa bagian tubuh menghasilkan rasa panas pada infeksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruam dan benjolan seperti jerawat

3. Ruam dan benjolan seperti jerawat

Secara medis kondisi ini dikenal dengan folikulitis, sel-sel kulit mati dan bakteri menyumbat folikel rambut di bagian bokong.

4. Ruam, merah, dan bersisik mengelupas

Kondisi kulit ini disebabkan oleh produksi sel-sel kulit yang berada di lekukan bokong sehingga menghasilkan kulit bersisik dan mengelupas.

5. Bersisik dan gatal

Penggunaan celana dapat menjebak keringat di bagian bokong yang memicu rasa gatal dan berwarna kemerahan.

Dengan menggunakan celana berbahan katun yang mudah menyerap keringat mampu menghindari kondisi ini di bagian bokong.

6. Rasa gatal di bagian anus

Kondisi ini dikenal dengan hemorroids atau ambeien, iritasi akibat tonjolan kecil dari pembuluh darah yang menyebabkan rasa nyeri dan gatal - bahkan pembengkakan dan peradangan di sekitar anus.

Kemungkinan kondisi ini berasal dari sembelit kronis atau kehamilan juga pasca-operasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini