Sukses

Waspadai 5 Jenis Penyakit yang Berasal dari Burung Ini

Binatang jenis unggas yang biasa Anda temui di sekitar mampu kirimkan sejumlah penyakit terhadap tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Binatang jenis unggas yang mudah ditemui oleh manusia di lingkungan tempat tinggalnya mampu kirimkan sejumlah penyakit terhadap tubuh.

Hanya berada di sekitar kotoran burung mampu menyebabkan bakteri dan virus masuk ke tubuh manusia, terlebih dari udara yang dihirup manusia. 

Melansir dari Medical News Today, Senin (29/2/2016) terdapat sejumlah penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia akibat kotoran dari burung khususnya jenis burung merpati, jalak, dan angsa.

1. Histoplasmosis

Penyakit pernapasan yang menyerang manusia berasal dari jamur yang tumbuh di kotoran burung kering.

2. Kandidiasis

Infeksi jamur atau jamur yang disebarkan oleh jenis burung merpati.

Penyakit ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit, mulut, sistem pernapasan, usus, hingga saluran urogenital, terutama vagina.
Penyakit ini rentan menyerang wanita dengan gejala gatal dan nyeri

3. Kriptokokosis

Jenis penyakit dari burung ini disebabkan oleh ragi yang berasal dari saluran usus merpati dan burung jalak.

Penyakit berawal dengan jenis penyakit yang menyerang paru-paru - kemudian dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.

Tempat umum yang sering dijumpai oleh manusia seperti loteng, gedung parkir, kantor, gudang, dan sekolah menjadi tempat bertengger sekaligus bersarang burung yang memungkinkan keberadaan jamur sangat mudah untuk ditemukan.

4. St. Louis Encephalitis

Penyakit ini menyerang peradangan dari sistem saraf, biasanya menyebabkan mengantuk, sakit kepala dan demam.

Bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan, koma atau kematian. St. Louis ensefalitis mampu menyerang semua kelompok usia, namun sering kali melanda orang dewasa di usia 60 tahun.

Asal mula penyakit ini disebarkan oleh nyamuk yang telah memakan makanan di daerah burung (merpati, kutilang, dan gagak) sehingga membawa virus St. Louis Encephalitis ke tubuh manusia.

4. Salmonellosis

Jenis bakteri ini berasal dari burung merpati, burung jalak dan burung pipit.

Bakteri pada penyakit ini ditemukan dalam kotoran burung yang berada pada debu dari kotoran - sehingga dapat terkontaminasi melalui ventilator dan AC yang mencemari permukaan makanan di restoran, rumah, juga pabrik pengolah makanan.

5. E.coli

Ketika burung mematuk kotoran sapi dengan bakteri E. coli di dalamnya, kotoran burung yang terjatuh pada makanan atau melalui udara dapat membawa langsung penyakit ke tubuh manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.