Sukses

Menkes : Cegah Flu Burung dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Kasus kematian unggas di Kulonprogo diharapkan jadai pemicu hidup sehat

Liputan6.com, Jakarta Ribuan unggas mati akibat flu burung di Kulonprogo, Yogyakarta. Karena itu Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih untuk mencegah penularan virus ke manusia.

"Saya rasa prosedurnya tetap. Intinya Kesehatan tidak bisa berdiri sendiri dan harus ditunjang oleh masyarakat melalui Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Kalau masyarakat bisa sadar kebersihan nomer satu, maka semua pekerjaan bersama akan lebih ringan," kata Menkes usai acara penandatanganan Komitmen pembangunan kesehatan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Menurut Nila, berperilaku hidup bersih juga bukan hanya menguntungkan satu individu melainkan lingkungan. "Kalau buang sampah sembarangan, banjir. Itu ulah kalian. Tapi kalau kalian mau hidup bersih maka akan membantu infrasturktur juga," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kulonprogo memastikan jika tiga ribu burung puyuh yang mati mendadak di Pedukuhan Sedan Desa Sidorejo Kecamatan Lendah, positif terkena flu burung (H5N1) atau Avian Influenza (A1). Kepastian ini didapat setelah hasil uji laboratorium terhadap sampel bangkai unggas ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini