Sukses

7 Trik Perut Terasa Kenyang dan Tak Mudah Lapar

Mulai dari menyediakan makanan sehat hingga mengunyah permen karet sesudah makan.

Liputan6.com, New York- Bagi orang yang sedang menurunkan berat badan, sulit membedakan mana rasa lapar sesungguhnya dengan yang hanya sekadar lapar mata. Ketika melihat ada gambar makanan yang menggugah selera atau melihat makanan yang dibawa oleh teman rasa ingin makan pun datang. 

Nah, untuk membuat perut terasa lebih kenyang dan tak mudah lapar berikut tujuh trik yang bisa dicoba. Selengkapnya seperti dikutip laman Health, Rabu (24/2/2016).

1. Sembunyikan camilan tak sehat, tampilkan buah

Makanan tak menyehatkan seperti fast food atau makanan tinggi kalori harus disembunyikan, namun makanan sehat ditampilkan. Studi dari Cornell University Food and Brand Lab, Amerika Serikat menemukan orang-orang yang di dekatnya selalu tersedia aneka buah, berat badannya rata-rata berkurang 6,5 kg dibandingkan yang tidak melakukan hal ini.

2. Mulai dengan porsi kecil

Mulailah dengan mengambil makanan dalam porsi kecil. Baru nanti jika masih lapar mengambil kembali lagi. Cara ini lebih efektif menurunkan berat badan berdasarkan studi dari Cornell University Food and Brand Lab, Amerika Serikat.

3. Menggunakan piring ukuran kecil

Gunakan piring ukuran kecil daripada biasanya. Menurut studi, hal ini bakal menurunkan asupan makanan 20 persen lebih sedikit dari biasanya.

4. Sarapan itu penting

Jangan hindari sarapan, ini adalah sesi penting untuk makan. Orang yang tidak sarapan lebih mudah untuk menginginkan makan camilan porsi besar dibandingkan orang yang sarapan.

Ada sebuah studi yang menyebutkan orang yang sarapan dalam porsi besar, hormon lapar menurun signifikan dibanding wanita yang makan dalam porsi kecil.

5. Hindari menonton acara memasak

Pernah tidak melihat tayangan memasak yang menampilkan gambar menggugah selera? Nah, sebuah studi menemukan orang yang melihat gambar yang menunjukkan makanan berlemak lezat bisa menstimulasi bagian otak terhadap rasa lapar.

Bila Anda tak ingin makan, cobalah untuk menghindari acara memasak atau kuliner.

6. Minum segelas air sebelum makan

Cobalah untuk minum segelas air sebelum makan. Perut yang sudah terisi sebelum makan bisa mengurangi asupan makanan. Lalu saat makan, kunyah secara perlahan, nikmati setiap gigitan.

7. Mengunyah permen karet

Pilih permen karet bebas gula untuk menurunkan keinginan untuk makan camilan. Berdasarkan studi dari Institute of Psychological Sciences, University of Leeds, Inggris, wanita yang mengunyah permen karet selama 45 menit usai makan siang bisa menurunkan keinginan untuk makan camilan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini