Sukses

Memberikan ASI, Bantu Ibu Turunkan Berat Badan

Tak cuma bagi bayi, manfaat menyusui pun secara signifikan dirasakan oleh sang ibu dalam menurunkan berat badan.

Liputan6.com, New York- Manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi luar biasa hebatnya dan tak tergantikan dengan susu yang lain. Namun tak cuma bagi bayi, manfaat menyusui pun secara signifikan dirasakan oleh sang ibu dalam menurunkan berat badan.

Bagi ibu yang menyusui buah hati enam bulan pertama, bisa memberikan kontribusi yang besar dalam menurunkan berat badan seperti dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008.

Seberapa intensif menyusui dan lama seorang ibu menyusui menjadi faktor yang menyebabkan berat badan turun. Namun secara umum. semakin wanita sering menyusui semakin besar efek terjadi penurunan berat badan seperti diungkapkan pemimpin penelitian Rasmussen.

Menurut Rasmussen pada saat menyusui terjadi pembakaran kalori karena tubuh memerlukan energi ekstra untuk membuat ASI seperti dikutip laman Live Science, Senin (22/2/2016).

Wanita yang secara eksklusif menyusui membakar sekitar 500 kalori ekstra per hari dibandingkan wanita yang tidak menyusui. Namun para wanita pada umumnya direkomendasikan memang untuk menambah asupan 330 kalori per hari seperti dituturkan profesor di bidang nutrisi dari University of North Carolina, Cheryl Lovelady.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.