Sukses

Studi Kembali Sebutkan Kehebatan ASI bagi Bayi

Makin kuat alasan ibu memberikan ASI kepada buah hatinya terutama dalam enam bulan pertama kehidupan bayi.

Liputan6.com, New York- Sudah banyak studi yang sebutkan air susu ibu (ASI) mengandung nutrisi dan antibodi yang penting bagi perkembangan bayi serta sistem kekebalan tubuhnya. Kehebatan ASI lainnya belum lama ini terungkap yakni mampu memerangi peradangan dan infeksi.

Para peneliti dari Brigham & Women’s Hospital, Amerika Serikat mempelajari profil dari ASI para donor. Mereka meneliti molekul pro-resolving mediator. Kemudian para peneliti menguji molekul tersebut pada tikus. Nah di sinilah mereka menemukan bahwa molekul tersebut membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika dilakukan penelitian terhadap susu formula, tidak ditemukan molekul specialized pro-resolving mediator. Ini artinya bayi tidak akan memeroleh manfaat sama dari minum susu sapi.

"Sangat penting bagi ibu menyusi mengetahui hal ini. Karena susu formula tidak memiliki tipe molekul yang sama dengan yang dimiliki ASI," tutur direktur BWH’s Center for Experimental Therapeutics and Reperfusion Injury, Charles Serhan seperti dikutip laman Time, Kamis (15/10/2015).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.