Sukses

Fakta Seputar Orang Kidal

Di sejumlah negara menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas bisa diartikan kurang sopan.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan tangan kiri atau kidal di banyak negara bukanlah persoalan besar, terutama di negara Barat. Tetapi di sejumlah negara, misalnya Indonesia, memberikan sesuatu dengan tangan kiri diartikan sebagai tindakan yang tidak sopan. Padahal kenyataannya kidal bukan soal kebiasaan melainkan terkait garis lahirnya.

Ada beberapa orang besar yang punya bawaan lahir kidal, antara lain Pangeran William, Albert Einstein, Alexander Agung, Osama bin Laden dan Jack The Ripper. Berikut beberapa fakta orang kidal seperti dikutip dari List25, Kamis (18/2/2016): 

12 persen penduduk dunia adalah kidal

Menurut List25, persentase orang bertangan kidal di seluruh dunia adalah sekitar 10 hingga 12 persen. 

Pria kidal lebih banyak ketimbang wanita

Statistik ini bisa jadi benar, tidak ada indikator yang tepat untuk menjawab mengapa perbandingan ini bisa terjadi. Yang menarik, konon populasi wanita lebih banyak ketimbang pria namun yang kidal lebih banyak pria. 

13 Agustus adalah hari tangan kidal

Entah siapa yang memprakarsai, namun dikatakan bahwa kidal mempunyai hari istimewa yang jatuh pada tanggal 13 Agustus. Menurut cerita, para pemilik tangan kidal di sejumlah negara selalu merayakan hari itu dengan suka cita. 

Meninggal dunia lebih cepat

Dikatakan oleh List25 bahwa orang dengan tangan kidal mempunyai usia hidup 9 tahun lebih pendek ketimbang orang dengan tangan kanan. Klaim ini tidak dikatakan oleh satu sumber melainkan oleh banyak sumber, sehingga pernyataan itu seolah menjadi kebenaran tanpa perlu pembuktian.

Pemilik tangan kidal sumber masalah

Penelitian juga mengklaim bahwa orang dengan tangan kidal lebih cenderung menjadi pecandu alkohol, skizofrenia, dan disleksia. Benar tidaknya klaim ini perlu pembuktian. Namun dikatakan lebih lanjut bahwa kesimpulan ini dibuat berdasarkan riset mendalam terhadap para penderita tiga gangguan tersebut.

Lahir dari ibu yang berusia 40 tahun ke atas

Seorang ibu yang melahirkan anak di usia 40 tahun diyakini lebih cenderung berpotensi melahirkan anak dengan tangan kidal. Dibandingkan perempuan hamil yang berusia 20 tahun-an.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.