Sukses

Sering Bercinta, Wanita Bisa Terhindar dari Kanker Mulut

Sebuah penelitian di Amerika menemukan, wanita yang sering bercinta ternyata dapat terhindar dari kanker mulut

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Amerika menemukan, wanita yang sering bercinta ternyata dapat terhindar dari kanker mulut. Tapi penelitian ini tidak berlaku untuk pria.

Seperti diberitakan Dailymail, Senin (15/2/2016) wanita yang sering bercinta cenderung memiliki kekebalan terhadap virus Human papillomavirus (HPV). 

"Kanker terkait dengan HPV, salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum terjadi. Pada wanita, semakin sering bercinta dia memiliki kekebalan tapi hal ini tidak berlaku jika wanita tersebut sering berganti pasangan," kata peneliti di Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland, Gypsyamber D'Souza.

 

Membandingkan pria dan wanita dengan jumlah pasangan seksual yang sama, kata peneliti, pria lebih berisiko terinfeksi HPV oral daripada wanita. "Mungkin karena saat wanita bercinta memiliki respon imun yang kuat sedangkan pria tidak. Pria tidak hanya berisiko terinfeksi HPV oral tetapi juga karena mereka kurang membersihkan kelaminnya sehingga berisiko kanker," ujarnya.

Dalam beberapa kasus, HPV dapat menyebabkan perubahan sel dalam mulut dan tenggorokan, yang akhirnya menjadi kanker.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Januari di Journal of American Medical Association (JAMA), oral seks dapat meningkatkan risiko kanker kepala dan leher sebesar 22 persen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.