Sukses

4 Tips Kendalikan Mood karena Tiroid

Masalah tiroid umumnya menimbulkan beberapa gejala, seperti jantung berdebar, perubahan mood yang drastis, mudah pegal dan lelah.

Liputan6.com, Jakarta Masalah tiroid umumnya menimbulkan beberapa gejala, seperti jantung berdebar, perubahan mood yang drastis, hingga mudah pegal dan lelah. 

Kelenjar tiroid itu seperti kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun Anda. Fungsi tiroid sebenarnya untuk energi dan metabolisme. Tapi, masalahnya tiroid dapat mempengaruhi berat badan, menguras energi, mudah kesal, kembung, dan murung. Para ahli mengatakan, beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah munculnya gejala tiroid.

Untuk mengatasinya, ada empat tips mudah yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip Onlymyhealth, Sabtu (13/2/2016) berikut ini:

1. Perbanyak konsumsi makanan laut dan sayuran

Tiroid sehat membutuhkan yodium, selenium, dan magnesium. Yodium dalam hal ini akan memblok hormon tiroid sehingga tidak memicu perubahan hormon dan sebagainya. Caranya? Mulai dari perbanyak konsumsi makanan kaya yodium seperti sushi, makanan laut atau sayuran. Bila perlu, penuhi kebutuhan vitamin yang mengandung selenium dan magnesium. Semua makanan ini akan membantu metabolisme hormon tiroid Anda. 

2. Mengonsumsi brokoli

Sayuran super ini mengandung banyak nutrisi, tapi yang penting ada senyawa yang mampu menghambat kemampuan tubuh kita untuk produksi hormon tiroid. Jadi, ketika Anda memakannya, sebagian besar senyawa yang buruk bisa hilang.

3. Sering berkumur

Setiap kali Anda menyikat gigi di pagi hari atau setelah makan, pastikan Anda berkumur untuk menghindari menelan pasta gigi fluoride. Menurut penelitian, asupan fluoride dapat menurunkan produksi hormon tiroid sehingga mengganggu hormon bergerak melalui darah Anda.

4. Hindari stres

Cobalah untuk menghindari stres. Jadilah aktif dan lebih banyak tidur. Latihan membantu meningkatkan sirkulasi yang membuat Anda rileks. Berolahraga secara teratur juga membuat produksi hormon kortisol di bawah kontrol. Sedangkan cukup tidur membantu Anda melawan energi negatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.