Sukses

Menahan Makan Saat Diet, Bikin Makan Jadi Lebih Banyak

Melarang orang yang sedang diet mengonsumsi makanan sesuatu biasanya membuat mereka mengonsumsi makanan tersebut lebih banyak.

Liputan6.com, Los Angeles - "Tidak boleh makan gorengan ya", "Jangan banyak-banyak makan nasinya","Yakin mau makan kue cokelat itu?" dan sederet larangan ini dan itu seringkali hadir ketika seseorang ingin menurunkan berat badan. Namun kenyataannya seringkali fakta yang terjadi malah sebaliknya.

Melarang orang yang sedang diet mengonsumsi sesuatu, biasanya membuat mereka mengonsumsi makanan tersebut lebih banyak. Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi serial dari Arizona State University.

Pada studi pertama mereka yang diet diingatkan bahwa 'makanan gula adalah buruk'. Nah, sesudahnya ternyata mereka mengonsumsi 39 persen kue lebih banyak dibandingkan mereka yang diberi pesan positif tentang kue itu.

Di Indonesia sendiri, beragam metode diet pun sudah di terapkan oleh para perempuan, seperti OCD, food combining dan makan tanpa nasi.

 

Sementara pada studi lain yang mengungkapkan manfaat dan keburukan makanan cepat saji, konsumsi makanannya lebih sedikit dibandingkan yang hanya mendengar dampak negatif saja.

Berdasarkan serangkaian studi yang dilakukan peneliti, mereka menyimpulkan pentingnya memberitahu pesan positif maupun negatif tentang makanan bila seseorang sedang diet menurunkan berat badan. 

"Jika ingin mengubah asupan makanan, lebih baik seseorang yang diet diingatkan mengenai positif dan negatif dari makanan tersebut," terang salah satu penulis studi, Naomi Mandel.

"Adanya larangan makanan ini dan itu malah membuat mereka mengonsumsi makanan tidak sehat," tambah peneliti lain Nguyen Pham dikutip Glamour, Jumat (29/1/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.