Sukses

Hitung Setiap Gigitan Makanan Ampuh Turunkan Berat Badan

Rata-rata partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berat badannya turun 1,6 kilogram dalam lima minggu.

Liputan6.com, Jakarta Ketika ingin menurunkan berat badan beragam cara dilakukan. Salah satunya lewat penghitungan. Baik menghitung jumlah kalori, gula, garam yang masuk ke tubuh hingga frekuensi olahraga.

Namun baru-baru ini ada sebuah temuan menarik dan mudah untuk turunkan berat badan. Ternyata dengan menghitung setiap gigitan makanan per hari mampu bantu menurunkan berat badan rata-rata hingga 1,6 kg.

Peneliti dari Department of Health Science, Brigham Young University Amerika Serikat meminta 61 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Pada minggu pertama mereka diminta untuk menghitung dan melaporkan berapa gigitan makanan per hari kemudian ditotal per minggu. Kemudian, empat minggu sesudahnya partisipan diminta untuk mengurangi 20-30 persen gigitan makanan.

Hasilnya dari 61 partisipan ada 41 orang yang berhasil melakukan sesi penelitian ini. Rata-rata berat badan mereka turun 1,6 kg seperti dikutip laman MedCraveonline, Kamis (17/12/2015).

Penurunan berat badan ini terjadi hanya dengan pembinaan minimal, tidak ada perubahan jadwal mereka berolahraga atau pun perubahan makanan.

"Namun tetap saja butuh penelitian lanjutan untuk menentukan apakah metode penurunan berat badan ini bisa berlaku bagi populasi yang lebih besar. Lalu penting juga untuk mengetahui mengenai gizi makananan untuk dimasukkan dalam metode diet dalam gigitan ini," tulis peneliti dalam studi yang dipublikasikan pertengahan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini