Sukses

3 Orang Pertama yang Melakukan Operasi Plastik

Dulu orang melakukan operasi plastik bukan untuk kecantikan, melainkan untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini cukup banyak orang yang melakukan operasi plastik untuk alasan kecantikan. Operasi plastik memang dapat mengubah bentuk wajah manusia atau bagian tubuh yang lain.

Namun dulu, orang-orang melakukan operasi plastik bukan karena alasan kecantikan, melainkan kesehatan. Salah satunya adalah ketika anggota tubuh mereka rusak saat perang. Berikut adalah beberapa orang pertama yang melakukan operasi plastik menurut lansiran Toptenz, Kamis (28/1/2016)

Walter Yeo

Walter Yeo adalah seorang pelaut dari Inggris. Ia merupakan orang pertama yang tercatat melakukan operasi plastik di dunia. Ia harus melakukan operasi plastik karena wajahnya terluka cukup parah. Yeo kehilangan kelopak mata atas dan bawah akibat Perang Dunia II. Yeo mendapatkan perawatan dengan metode cangkok kulit pada tahun 1917 oleh
seorang dokter yang kemudian dikenal sebagai bapak operasi plastik, Sir Arold Gilies.

Willie Vicarage

Willie Vicarage adalah korban pertempuran Jutland yang terjadi pada 1916. Ia merupakan salah satu orang pertama yang melakukan operasi plastik di wajah. Dokter Gilies juga yang melakukan operasi ini. Karena saat itu belum adanya antibiotik, risiko infeksi meningkat. Saat pengobatan inilah Gilies menemukan teknik tubed pedicle, yakni pemindahan kulit dari dada atau dahi ke bagian lain di wajah.

Isabelle Dinoire

Isabelle Dinoire merupakan orang hidup pertama yang melakukan transplantasi wajah. Dinoire mengganti sebagian wajahnya melalui operasi pada 27 November 2005. Ia merupakan korban penganiayaan yang memiliki kerusakan cukup parah pada wajahnya. Transplantasi pada wajahnya dilakukan oleh Bernard Devauchelle, seorang ahli bedah mulut dan maksilofasial, dan Jean Michel Dubernard di Amiens, Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini