Sukses

Pria Lebih Rentan Terkena Flu, Apa Iya?

Hormon estrogen membantu lawan virus flu memperbanyak diri saat berada di dalam tubuh.

Liputan6.com, New York- Salah satu keuntungan menjadi wanita yakni kemungkinan lebih rendah terkena flu dibandingkan pria. Hormon estrogen yang terdapat dalam tubuh wanita yang menyebabkan ini terjadi. 

Berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology, hormon estrogen menjaga wanita dari virus influenza A. Dengan begitu potensi wanita terserang flu jadi menurun seperti diungkap dalam laman Glamour dikutip Sabtu (16/1/2015).

Lewat studi yang dilakukan peneliti dari John Hopkins University, hormon estrogen mampu menjaga agar virus flu di dalam tubuh tidak berlipat ganda. Cara kerja virus flu yakni memasuki sel dalam tubuh kemudian memperbanyak diri. lalu mulai menyebar ke seluruh tubuh. Seberapa parah sakit flu yang dialami tergantung banyaknya salinan virus di dalam tubuh seperti diungkap ahli kesehatan perempuan yang tidak terlibat penelitian ini, Jennifer Wider.

Sementara itu, pada wanita hormon estrogen memiliki sesuatu yang bisa menahan virus agar tidak berkembang. Selain itu, daya tahan tubuh juga berperan penting menjaga kesehatan.

"Kombinasi antara hormon estrogen dan daya tahan tubuh yang menyebabkan wanita lebih baik melawan flu dibanding pria," tutur pemimpin studi, Sabra Klein.

Wider menduga, penggunaan alat KB hormonal turut berperan membuat wanita lebih sehat karena mengandung estrogen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.