Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Warna Mr P dan Puting Lebih Gelap, Apa Sebabnya?

Para pria, pernahkah Anda bertanya-tanya kok alat kelamin (Mr P) warnanya lebih gelap dibanding tubuh yang lain?

Liputan6.com, Jakarta Para pria, pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa alat kelamin (Mr P) warnanya lebih gelap dibanding bagian tubuh yang lain? Jangan kaget dulu. Para ahli mengungkapkan, hormon seks yang menyebabkan pigmentasi pada masa pubertas.

Warna gelap juga dialami puting pria. Dan pada wanita, labia dan areola juga berwarna lebih gelap. Ini semua terjadi selama pubertas. Hormon seks di tubuh merangsang produksi melanin, asam amino yang bertanggung jawab terhadap rambut dan warna kulit.

Dr Lindsey Bordone, dermatolog di Columbia University Medical Center di New York, menjelaskan ketika masih gadis kecil, puting berwarna cerah. Namun, semakin besar hormon memengaruhinya sehingga puting menjadi gelap.

Menurutnya, wanita saat pubertas mengalami peningkatan estrogen, sedangkan laki-laki mengalami bertambahnya testosteron. Dan pada wanita hamil, juga terjadi terjadi peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan pigmentasi di kuit wajah atau membentuk garis hitam di perut. 

Selain hormon, kulit gelap juga bisa disebabkan gesekan karena kulit secara alami menebal untuk melindungi diri.

Alat kelamin gelap kebanyakan dialami atlet, karena area genital mereka mengalami gesekan konstan dari berjalan atau melompat.

"Di sekitar sisi skrotum atau paha bagian dalam, kebanyakan pria akan memiliki penggelapan kulit jika mereka aktif," kata Dr Bordone seperti dilansir Mailonline, Rabu (13/1/2016).

Genital yang gelap juga terjadi pada pria yang memakai pakaian ketat, mencukur alat kelamin mereka atau mengalami gatal atau infeksi yang menimbulkan gosokan dan garukan.

Gelap karena Diabetes atau Obesitas

Meskipun warna gelap itu alami, tapi bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan seperti penyakit diabates dan obesitas.

Ketika seseorang berat badannyaber tambah, ia bisa mengalami acanthosis nigricans. Ini merupakan kondisi kulit yang menyebabkan perubahan warna di selangkangan dan daerah lainnya.

Selain itu, perubahan warna tertentu adalah indikasi dari peningkatan kadar insulin.

"Kulit Anda bisa menggelap di daerah tertentu ketika gula Anda sangat tinggi - dan Anda mengembangkan diabetes," katan Dr Bordone.

Dr Bordone memperingatkan, apabila terjadi penggelapan warna kulit di leher atau ketiak itu bisa jadi tanda diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini