Sukses

Masalah Puting yang Dihadapi Pria dan Wanita

Payudara bisa dihadapkan masalah seperti kanker dan masalah puting.

Liputan6.com, Jakarta Organ yang dimiliki wanita ini mampu memikat perhatian pria. Apalagi kalau bukan payudara. Namun, payudara bisa dihadapkan masalah seperti kanker dan masalah puting.

Menurut para ahli, masalah puting bisa dialami pria atau wanita. Penyebab utama masalah puting adalah penyakit, mulai dalam tubuh Anda atau iritasi akibat lingkungan di sekeliling Anda.

Tak usah risau terlebih dahulu dengan masalah puting. Penelitian menunjukkan sebagian besar masalah puting yang perempuan hadapi saat ini tidak terkait dengan kanker payudara. Namun, wanita juga tak boleh mengabaikan masalah puting karena bisa menjadi petunjuk awal kondisi serius. 

Sebenarnya apa saja penyebab utama masalah puting? Kondisi medis yang 'bisa' menyebabkan masalah kesehatan puting ini terutama infeksi pada jaringan payudara, tumor jinak (bukan kanker), hipotiroidisme (tiroid kurang aktif), tumor kelenjar pituita.

Berikut beberapa masalah puting yang bisa dihadapi pria dan wanita seperti dilansir Boldsky, Rabu (13/1/2016):

1. Puting ekstra

Ini merupakan masalah puting yang langka yang bisa dialami pria dan wanita. Bentuk puting tambahan ini tidak seperti puting biasa dan kebanyakan tak membahayakan kesehatan.

2. Puting berbulu

Apabila ada rambut di sekitar puting, itu menjadi indikasi yang jelas bahwa Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS). Cara terbaik adalah melakukan scan perut untuk mendapatkan perawatan awal. Puting berbulu ini tidak mengkhawatirkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puting masuk ke dalam

3. Puting masuk ke dalam

Ini merupakan masalah umum yang dihadapi sebagian besar wanita. Namun, jika puting Anda tidak pernah bisa ditekan masuk ke dalam, itu bisa menjadi tanda kanker, sehingga Anda harus menemui dokter.

4. Puting bersisik

Jika puting Anda gatal, bersisik, merah dan pecah-pecah, itu mungkin tanda eksim. Masalah kulit ini tidak perlu dikhawatirkan dan bisa diobati dengan bantuan krim.

Cobalah untuk menghindari daerah gatal terinfeksi, karena bisa lebih merusak kulit dan pada beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi kulit.

5. Puting mengeluarkan cairan

Cairan dari puting adalah masalah umum yang dihadapi wanita yang telah memiliki anak. Namun, salah satu masalah puting paling berbahaya adalah ketika cairan yang disekresikan berdarah, karena dapat menjadi tanda kanker payudara.

Apabila mengalaminya, langkah terbaik mencari bantuan medis.

6. Puting luka

Sebanyak 90 persen perempuan memiliki masalah puting luka. Puting berubah sakit dan sangat sensitif terhadap sentuhan.

Masalah payudara ini tidak mengkhawatirkan dan biasanya memburuk pada saat menstruasi dan selama menopause. Namun, jika Anda melihat warna kemerahan dan terjadi perubahan warna kulit yang tidak normal, maka segera cari bantuan medis.

7. Tanda masalah puting

Cobalah melihat tanda-tanda dan gejala masalah puting. Kemerahan pada kulit payudara, ruam, jerawat yang abnormal, benjolan dan perubahan warna kulit bisa menjadi tanda adanya masalah puting, dan Anda tidak boleh mengabaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini