Sukses

Mitos Tentang Rambut yang Harus Diketahui

Rambut merupakan anggota bagian tubuh yang perlu dilindungi, dan ternyata untuk melindungi rambut ketahui mitos ini sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan anggota bagian tubuh yang sangat dilindungi baik bagi wanita juga pria.

Perawatan rambut pada kepala sangat dilakukan secara maksimal oleh semua manusia, sedangkan rambut pada tubuh seperti di kaki, ketiak, dan area sensitif selalu menjadi hal yang diperhatikan khususnya bagi para wanita.

Berbicara tentang rambut, ada beberapa gagasan bahwa menyikat rambut merupakan kesehatan, atau dengan memangkas rambut menjadikan rambut yang tumbuh akan lebih bagus dan cepat, dan lain sebagainya.

Seperti dilansir laman Gurl, Kamis (07/01/2106), berikut mitos mengenai fakta rambut yang perlu diketahui ;

1. Mitos mencukur rambut dapat membuat rambut tumbuh kembali secara lebih tebal dan kasar

Pada dasarnya ketika seseorang menyukur rambutnya berarti menyisakan bagian kulit atau folikelnya saja, kemungkinan saat tumbuh akan terasa lebih tebal. Tapi, tak semua orang pasti merasakan hal itu.

Dengan menghitung berapa kali pemotongan rambut yang dilakukan, dapat mempengaruhi keadaan rambut yang akan tumbuh.

2. Memotong rambut dengan teknik trim dapat membuat pertumbuhan rambut semakin cepat

Teknik trim pada pemotongan rambut tidak menjamin pertumbuhan rambut lebih cepat, karena pertumbuhan rambut dirangsang oleh akar bukan pada bagian ujung rambut seseorang.

Namun pada rambut rusak teknik trim ini dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih baik. Karena ujung rambut yang rusak apabila dipotong berkali-kali akan membuat keadaan rambut membaik dari sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Gunakan Pinset

3. Menderita dengan keadaan rambut bagian tubuh yang tumbuh ke dalam

Rambut pada kaki, tangan, atau bagian area vital yang mempunyai struktur keriting disebabkan pertumbuhan yang belum sempurna.

Hal ini terjadi ketika rambut sedang mencoba untuk mengeluarkan dirinya dari lapisan kulit, malah terperangkap ke bawah kulit. Sehingga, kondisi rambut yang tumbuh ke dalam itu menghasilkan benjolan dan rasa gatal yang mengganggu.

Jika keadaan ini terjadi pada diri Anda, janganlah mencoba untuk menarik rambut tersebut menggunakan pinset, karena dapat meninggalkan luka bahkan infeksi.

4. Menyisir rambut dengan sering dapat membuat rambut sehat dan berkilau

Menyikat atau menyisir rambut terlalu sering dapat merusak batang rambut. Untuk mendapatkan rambut sehat bukan berarti tidak boleh menyisir rambut, namun melakukannya secara perlahan dan tidak sesering mungkin akan membuat rambut sehat sepanjang hari.

3 dari 3 halaman

Mitos tentang Uban hingga Mitos Perawatan Rambut

5. Mitos mencabut uban dapat memperbanyak pertumbuhan uban

Ketika seseorang mulai mendapatkan uban pada rambutnya membuat rasa percaya diri menjadi menurun, sehingga kebanyakan orang memilih untuk mencabutnya.

Namun dengan mencabut rambut berwarna abu-abu tersebut, dapat membuat dua kali lipat folikel rambut bertumbuh kembali.

Untuk mengatasinya, dengan memotong atau memberikan warna pada rambut Anda dapat mengurangi folikel rambut yang buruk. Atau, dengan membiarkannya kemungkinan besar rambut akan tetap sehat.

6. Rambut pada tubuh akan hilang selamanya dengan menggunakan laser

Laser pigmen rambut dapat merontokan rambut pada tubuh hanya dengan waktu dua minggu. Namun cara ini tak semulus yang Anda bayangkan.

Perlu diketahui bahwa menggunakan laser untuk hilangkan rambut di tubuh hanya membuat folikel rambut tidur, bukan mati selamanya.

Laser hair removal membutuhkan waktu berkali-kali untuk memberikan hasil yang maksimal, dan, tidak semua jenis rambut manusia dapat menunjukkan perawatan serta hasil yang sama.

Bahkan folikel rambut akan tumbuh kembali jika Anda tidak rutin menjalankan perawatan. Tandanya, Anda hanya melakukan sebuah pengobatan yang sia-sia.

7. Waxing muka buat keriput

Bayangkan kulit wajah halus harus terpaksa ditarik berulang kali hanya untuk mengusir rambut tipis yang tumbuh di area wajah.

Jangan lakukan perawatan ini dengan waktu yang sering, karena efek jangka panjang pada kulit bisa terjadi dengan risiko yang cukup berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.