Sukses

Anggota Keluarga Kena Flu, Lakukan Strategi Ini Agar Tak Tertular

Percikan ludah saat bersin lewat udara, seseorang sehat bisa tertular flu.

Liputan6.com, New York- Penularan virus influenza sangat mudah terjadi. Hanya dengan percikan ludah saat bersin lewat udara, orang yang sehat bisa tertular flu. Terlebih ketika ada anggota keluarga di rumah yang terkena flu, potensi anggota keluarga tertular pun besar.

Oleh karena itu ada beberapa strategi yang bisa diterapkan agar tidak tertular seperti dikutip laman Web MD, Selasa (5/1/2015).

1. Minta kepadanya agar batuk dan bersih dengan cara tepat

Flu dapat menyebar dengan mudah dengan kontak langsung. Ketika seseorang yang batuk atau bersin, virus tersebut bisa mencapai hampir 2 meter. Oleh karena itu, minta anggtoa keluarga yang sakit ini untuk:

- Menutupi mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin dan segera membuangnya.
- Jika tidak ada tisu, batuk atau bersinlah dengan ditutupi ke arah siku. Hal ini mengurangi jumlah kuman di tangan sehingga berkurang risiko menularkan ke orang lain.

2. Sering-seringlah cuci tangan

Hal ini memang klasik, namun ini salah cara terbaik untuk terhindar dari flu. "Cuci tangan bisa membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda," terang direktur medis dari Virginia, Amerika Serikat.

Cara tepat mencuci tangan sambil menyanyikan lagu 'Happy Birthday' dua kali sembari menggosok tangan, sela-sela jari, dan kuku. Menggosok tangan dengan kuat, merupakan cara ampuh untuk 'mengusir' kuman.

Segera cuci tangan terutama ketika seusai memegang benda-benda yang telah dipegang seperti cangkir, piring, atau handuk. Lalu jangan menyentuh area wajah meski baru saja selesai mencuci tangan.

3. Sediakan ruangan khusus bagi Si Sakit

Benda-benda yang dipegang oleh anggota keluarga yang sakit bisa mengandung virus flu, seperti gagang pintu, remote TV, dan tuas keran, sampai delapan jam. Tentu saja benda-benda ini sulit dihindari orang-orang sehat.

"Oleh karena itu, buat ruang khusus bagi yang sakit. Ia bisa tinggal di situ untuk sementara hingga merasa lebih baik," terang dokter spesialis penyakit menular, Ardis Dee Hoven,

4. Kamar mandi terpisah

Jika di rumah memiliki lebih dari satu kamar mandi, lebih baik bagi yang sakit flu untuk menggunakan satu kamar mandi khusus.

5. Jaga daya tahan tubuh

Namun jika daya tahan tubuh baik, tidur cukup bisa membantu Anda tahan terhadap virus flu. "Selalu jaga agar tidur cukup, nutrisi terjaga, tubuh terhidrasi, dan berolahraga," terang Hoven.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini