Sukses

Penyakit Wilson Juga dapat Menyerang Anak

Penyakit wilson merupakan gangguan genetik langka yang diakibatkan oleh menumpuknya zat tembaga di berbagai organ vital terutama hati.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Wilson yang termasuk salah satu menyakit langka ini juga dapat menyerang tubuh anak-anak.

Pada anak-anak, hati merupakan organ utama yang terserang akibat penyakit wilson ini, sedangkan pada orang dewasa kerusakan utama bisa terjadi pada susunan saraf dan otak.

Saat penyakit wilson menyerang hati anak, dapat menyebabkan suatu bentuk hepatitis yang mengancam jiwa. Di mana hal ini mirip dengan hepatitis akut, hingga menyebabkan hepatitis kronik.

Ganggua ini akan berkembang dan memperburuk keadaan tubuh dengan cepat dengan gejala-gejala awal termasuk gemetar, muka meringis, kesulitan menulis dan bicara dengan nada tertelan. Saat keadaan ini melanda anak, dapat memperlambat tumbuh kembang anak.

Dengan pemeriksaan darah dapat mendeteksi komplikasi hal tersebut. Dalam kasus yang jarang terjadi ini, kanker hati juga dapat menjadi faktor komplikasi dari penyakit wilson, dalam buku The Hepatitis Alphabet, dikutip Health-Liputan6.com, Senin (03/01/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit Wilson atau degenerasi hepatolentikular adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan tubuh keracunan tembaga.

    Penyakit Wilson

  • Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi.

    Hepatitis

Video Terkini