Sukses

Waspada, Penderita Asma Berisiko Tinggi Terkena Herpes

Menjaga stamina atau imun tubuh, berkemungkinan besar terjauh dari virus herpes bagi penderita asma.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang menderita asma memiliki risiko besar terhadap penyakit kulit yaitu herpes. Di mana keadaaan tubuh seseorang bisa berubah menjadi memerah, terjadi seperti lepuhan pada kulit yang begitu menyakitkan.

Penelitian terbaru mengungkap, orang dewasa yang memiliki riwayat asma lebih mungkin berkontraksi dengan virus herpes. Sebanyak 70 persen orang dewasa dengan sejarah asma mendapatkan virus herpes yang berkembang pada tubuhnya.

Dr. Young Juhn dokter spesialis anak dan asma epidemiologi di Mayo Clinic Childern's Research Center menerangkan, "Pengaruh asma berisiko terhadap infeksi atau disfungsi kekebalan tubuh yang berasal dari udara", dikutip dari laman Express UK, Sabtu (2/1/2016).

Tim peneliti juga menemukan hubungan antara peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya rasa gatal-gatal sebagai faktor aktifnya virus herpes pada tubuh.

Asma melemahkan kekebalan tubuh dan meninggalkan virus pada tubuh. Dr. Juhn menambahkan "Asma merupakan faktor risiko yang belum diakui secara positif terhadap herpes pada orang dewasa. Ada banyak pertimbangan yang perlu diberikan dengan cara mengimunisasi orang dewasa dengan asma berusia 50 tahun (dan seterusnya) sebagai sasaran utama untuk melakukan vaksinasi herpes."

Ini bukan penelitian pertama terkait hubungan asma juga kondisi virus herpes, penelitian serupa pada anak-anak di Olmsted County - Minnesota, juga menyoroti risiko yang meningkat akibat herpes bagi penderita asma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

  • Herpes