Sukses

Bahaya Botakin Rambut Kemaluan: Mulai dari Bisul Hingga Herpes

Teknik menghilangkan rambut kemaluan dengan waxing berisiko menimbulkan infeksi seperti herpes, bisul, kurap bahkan kutil kelamin.

Waxing untuk mempercantik penampilan di daerah vital wanita bermacam-macam bentuknya. Tapi, teknik menghilangkan rambut kemaluan itu berisiko menimbulkan infeksi.

Seperti yang dialami Resepsionis Jade McCartney (25) dari Leeds yang mengalami infeksi bakteri dan harus minum antibiotik usai bikini wax. Ia sudah melakukan waxing sejak berusia 15 tahun. Namun, suatu kali di usianya yang ke 20 tahun ia mengalami keanehan di tubuhnya.

"Pengalaman terburuk saya adalah ketika saya berumur 20 dan masih kuliah.

"Ada luka bakar dan memar, saya punya benjolan yang benar-benar aneh yang pernah di waxing. Untungnya, saya tidak terlalu malu untuk bertemu dokter saya, yang mengatakan waxing telah menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan infeksi yang bisa menjadi serius jika saya tidak memakai antibiotik sekaligus," kata McCartney.

Ada berbagai bahaya dari waxing seperti dikutip TheSun, Rabu (31/7/2013). Berikut rinciannya.

1.Selulitis

Infeksi bakteri yang berpotensi mengancam kulit dan jaringan di bawahnya.

2. Herpes

Infeksi jangka panjang yang kronis yang menyebabkan rasa sakit pada alat kelamin dan sekitarnya. Virus herpes dapat memasuki tubuh melalui luka atau merusak kulit.

3. Kutil kelamin

Pertumbuhan daging kecil atau benjolan yang muncul pada atau di sekitar daerah kelamin atau dubur yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

4. Impetigo


Infeksi bakteri yang menyebabkan luka merah yang bisa pecah, cairan fluida dan mengembangkan kerak kuning-coklat.

5. Kurap


Bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh dan menciptakan cincin seperti ruam merah. Ini disebabkan jamur dan sangat menular.

6. Moluskum kontagiosum

Sangat umum pada wanita yang rutin melakukan waxing. Mudah ditangkap jika kulit rusak - ini bisa menjadi memotong atau merobek akar folikel.

7. Rambut tumbuh ke dalam

Setelah waxing, rambut baru yang tipis dan lemah akan mulai tumbuh. Hal ini dapat terjebak di bawah permukaan, yang menyebabkan benjolan teriritasi yang bisa terinfeksi dan tahan lama.

8. Bisul

Sebuah infeksi folikel rambut yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus. Daerah ini akan menjadi meradang dan matang akan berisi nanah.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.