Sukses

Ini Alasan Makan Sambil Bercermin Bisa Turunkan Berat Badan

Ketika makan kue cokelat sambil bercermin, rasanya berubah jadi tidak selezat biasanya. Beda halnya ketika makan salad buah.

Liputan6.com, London - Jika masih butuh cara untuk menurunkan berat badan, mungkin temuan studi dari University of Central Florida, Amerika Serikat bisa Anda coba. Menurut penelitian ini makan di depan cermin bisa membantu kita untuk konsumsi makanan sehat.

Studi ini menemukan ketika orang-orang diminta untuk konsumsi makanan tak sehat seperti kue cokelat sambil bercermin mereka cenderung sedikit mengonsumsi makanan yang bisa memuaskan dan lezat itu.

Ternyata dengan cara seperti ini membuat mereka tidak nyaman ketika mengonsumsi makanan tidak sehat. Lalu mereka sadar harus memilih makanan sehat sebagai gantinya.

"Makan sambil bercermin memungkinkan untuk melihat diri secara objektif dan membantu untuk menilai diri sendiri," terang pemimpin penelitian Ata Jam seperti dikutip laman Daily Mail, Minggu (27/12/2015).

Studi ini dilakukan terhadap 185 mahasiswa yang diminta untuk memilih antara kue cokelat dan salad buah dalam dua kondisi, tanpa cermin dan cermin. Ketika mereka memilih kue cokelat sambil bercermin ternyata makanan tersebut jadi kurang enak. Sementara ketika konsumsi salad buah sambil bercermin tidak berpengaruh apa-apa.

Ata menilai kehadiran cermin membuat seseorang merasa bertanggung jawab dengan pilihan makanannya seperti disebut dalam Journal of the Association for Consumer Research.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini