Sukses

Ingat, Virus Hepatitis A Bisa Hidup 3-4 Jam di Luar Tubuh

Virus Hepatitis A bisa bertahan lama hidup di luar tubuh. Bahkan bisa tiga hingga empat jam.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya virus-virus lain bisa mati dalam hitungan menit atau detik ketika berada di luar tubuh, namun tidak dengan virus Hepatitis A. Virus yang satu ini bisa bertahan hidup di luar tubuh cukup lama yakni tiga hingga empat jam.

"Hepatitis A ini istimewa, virusnya bisa hidup di luar (selama) tiga hingga empat jam. Maka terinfeksi virus ini lebih gampang," terang Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI dr. H. Mohamad Subuh, MPPM di kantor Kemenkes, Jakarta pada Selasa (15/12/2015).

Sehingga kunci utama terhindar dari Hepatitis A yakni lewat higiene sanitasi pangan dan higiene sanitasi perorangan.

"Misalnya makanannya bersih dan lingkungannya juga bersih tapi penjamah makan tidak bersih. Misalnya sesudah BAB lalu cuci tangan tidak bersih, masih tertinggal virus Hepatitis A di tangannya. Kemudian ia memegang makanan sehingga tercemar. Ingat, dalam waktu 3-4 jam virus bisa menempel di luar," tekan Subuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini