Sukses

4 Lokasi Menumpuknya Bakteri di Supermarket

Bakteri tersebar di sekitar kita. Jumlahnya bahkan melebihi populasi manusia di dunia saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Bakteri tersebar di sekitar kita. Jumlahnya bahkan melebihi populasi manusia di dunia saat ini. Sayangnya, sejumlah bakteri tersebut menimbulkan penyakit.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan 200 ribu orang Amerika mengalami keracunan makanan setiap hari karena menyentuh sesuatu, termasuk saat berada di supermarket yang terkontaminasi bakteri atau patogen dan menempel pada mata atau mulut. 

Baca juga: 

Untuk itu, seperti diberitakan News, Kamis (10/12/2015), sangat penting mencuci tangan sebelum dan sesudah kembali dari supermarket karena ada beberapa tempat yang menjadi sumber penularan penyakit seperti:

1. Uang

Pikirkan semua hal yang bersentuhan dengan kasir seperti uang, dan tangan yang menyentuh setiap barang.

2. ATM

Hampir semua orang membayar bahan makanan mereka dengan kartu kredit, dan Anda tidak dapat menggunakan kartu kredit tanpa memencet tombol PIN, atau setidaknya menggunakan pulpen untuk menandatangani struk.

Semakin banyak tangan manusia menyentuhnya, tentunya akan menjadi sumber penularan bakteri.

3. Buah

Ini adalah salah satu alasan mengapa kita harus mencuci buah sebelum memakannya. Buah yang rusak dapat memberikan jalan untuk patogen, termasuk buah potong yang diiris dengan pisau kotor atau oleh seseorang dengan tangan kotor.

4. Paket daging mentah

Daging mentah dapat pelabuhan E. coli, listeria, dan banyak patogen jahat lainnya. Bungkus plastik juga bukan pertahanan terbaik. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini