Sukses

1-3 Persen Berat Badan Terdiri dari Bakteri

Tahukah Anda, tubuh memiliki 10 triliun sel tubuh dan 90 triliun sel bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, tubuh memiliki 10 triliun sel tubuh dan 90 triliun sel bakteri. Dan 1-3 persen berat badan kita ternyata adalah bakteri. Artinya, jika berat badan Anda 80 kilogram, maka 2 kilogram lebih tubuh Anda adalah bakteri.

Begitu disampaikan Dokter Anak, dr Nurul Hariadi MD FAAP dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP) di acara Pekan Peduli Antibiotik di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

"Sebagian besar bakteri di tubuh kita itu bakteri baik. Tapi ada juga sebagian yang jahat, seperti misalnya disentri, thypus atau
tuberkulosis," katanya.

Yang menarik, pada setiap bagian tubuh kita memiliki bakteri, seperti misalnya di mata, kulit, tenggorokan, hidung, usus, vagina dan kandung kemih.

"Bakteri perlu ada di tubuh untuk membantu kekebalan tubuh. Bakteri usus misalnya, fungsinya membentuk vitamin K dan membantu mencerna makanan," katanya.

Tapi Anda harus tahu, menurut Nurul, ada beberapa bagian tubuh yang tidak boleh masuk bakteri seperti aliran darah dan cairan otak. Bila bakteri masuk, maka dapat membahayakan jiwa seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini