Sukses

Soda Diet Buat Gigi Erosi?

Apakah soda diet yang dikatakan rendah gula bisa merusak gigi?

Liputan6.com, New York- Tentu Anda sudah tahu bahwa makanan dan minuman manis dapat merusak gigi. Meski soda diet dikatakan rendah gula, namun tetap bisa membuat gigi rusak jika sering mengonsumsinya.

Hal ini ditemukan lewat riset yang dilakukan peneliti University of Melbourne Oral Health Cooperative Research Centre. Mereka meminta untuk melihat paparan yang ditimbulkan bagi gigi geraham terhadap partisipan yang mengonsumsi 15 jenis minuman, termasuk soda biasa, minuman olahraga, susu dan tiga soda bebas gula.

Setelah partisipan penelitian mengonsumsi minuman tersebut, para ilmuwan memeriksa perubahan kadar kalsium dan kerusakan permukaan gigi seperti dikutip laman Good Housekeeping, Kamis (10/12/2015).

Kejutan dalam temuan ini adalah, tidak ada perbedaan signifikan berarti antara minuman bebas gula dan mengandung gula. Ternyata minuman soda diet mengandung bahan yang membuat erosi pada gigi.

Kehadiran asam fosfor dan asam sitrat dengan kalsium membuat gigi jadi lemah sehingga gigi lebih sensitif. Oleh karena itu peneliti mengingatkan agar segera minum air putih atau berkumur dengan air mineral agar gigi tetap sehat usai mengonsumsi minuman manis termasuk soda diet. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini