Sukses

Donor Mata Bukan dengan Mengambil Bola Mata

Untuk mendonorkan mata, ternyata bukan dengan cara mengambil bola mata.

Liputan6.com, Jakarta Untuk mendonorkan mata, ternyata bukan dengan cara mengambil bola mata. Hanya dengan mengambil kornea dari mata itu sudah cukup membantu tunanetra.

Begitu disampaikan Sekretaris Pelaksana Bank Mata, Yan Budiman di sela-sela Grand Opening Ciputra Medical Center di Lotte Avenue, Jakarta, Sabtu (5/12/2015).

"Hanya satu kornea mata saja biasanya akan membantu calon resipen yang telah diseleksi oleh dokter spesialis mata," katanya.

Baca juga:

Yan mengatakan, saat ini Bank Mata masih kesulitan mencari pendonor mata karena berbagai mitos yang menyangkut masalah agama, termasuk pengetahuan mereka juga minim.

"Pendonor juga cenderung tinggal berpindah-pindah sehingga ketika dia telah bersedia mendonorkan matanya dan meninggal, kami sulit mencarinya," katanya.

Yan menambahkan, saat ini setidaknya ada 500 antrean tunanetra yang membutuhkan mata di Jakarta saja. Sementara pendonornya hanya ada 2 orang per bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.