Sukses

Apa Penyebab Pasangan Kembali Selingkuh?

Dapatkah seseorang yang telah mengkhianati pasangannya di masa lalu, mengulangi kesalahan yang sama di masa depan?

Liputan6.com, Jakarta Dapatkah seseorang yang telah mengkhianati pasangannya di masa lalu, mengulangi kesalahan yang sama di masa depan? Ya, menurut sebuah studi terbaru.

Ini bukanlah sesuatu yang baru. Sebuah penelitian yang dilakukan American Psychological Association menyatakan bahwa orang-orang yang telah mengkhianati hubungan tiga kali mungkin untuk berselingkuh kembali dalam hubungannya. 

Baca juga:

Apa yang membuat orang berselingkuh?

Psikolog klinis Varkha Chulani percaya jika seseorang yang telah memaafkan pasangannya yang berselingkuh, sebenarnya bukan mengatasi masalah melainkan ini adalah masalah baru dalam hubungan yang akan terus selalu ada. Ini akan menjadi suatu kebiasaan.

"Selingkuh adalah kebiasaan yang dapat terjadi dari waktu ke waktu. Alasan mengapa selingkuh dikategorikan sebagai kebiasaan adalah sikap lemah pasangannya yang telah memaafkannya meski telah tertangkap basah. Hal ini akan membuat mereka merasa aman dan akan melakukannya lagi karena mereka yakin pasangannya akan memaafkannya," tambah Varkha seperti yang dikutip Times of India, Sabtu (5/12/2015).

Apakah itu gangguan psikologis?

Kecurangan dapat diklasifikasikan sebagai gangguan otak, menurut Country seorang konselor psikologis. "Sama seperti dengan obsesi, kecurangan juga merupakan jenis gangguan psikologis di mana seseorang menememukan semacam kesenangan dalam membodohi seseorang secara emosional.

"Lalu bagaimanan untuk mencegah perselingkuhan terulang kembali?

1. Evaluasi tindakan Anda: Jangan pernah bertanyapada diri sendiri untuk menyelesaikan penghianatan yang dilakukan oleh pasangan. Anda harus berkonsultasi pada ahli atau keluarga atas tindakan pasangan Anda yang berselingkuh.

2. Identifikasi alasan di balik perselingkuhan: Menganalisis pemicu pasangan berselingkuh. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan suatu solusi.

3. Pikirkan tentang reputasi Anda: Anda tidak hanya kehilangan kepercayaan, cinta dan iman karena pasangan Anda berselingkuh. Tapi Anda juga akan berhadapan dengan penilaian masyarkat. Mereka akan menganggap Anda orang yang 'bodoh' karena masih memaafkan pasangan yang berselingkuh berulangkali. (Yasmine)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini