Sukses

10 Cara Hidup Bebas Penyesalan

Penyesalan bisa dibilang adalah emosi terburuk yang bisa dirasakan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Penyesalan bisa dibilang adalah emosi terburuk yang bisa dirasakan manusia. Apalagi jika mengetahui bahwa Anda akan melakukan hal yang berbeda jika memiliki kesempatan kedua. 

Untuk menjauhkan emosi buruk ini, sebisa mungkin, ada 10 cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Huffington Post, Kamis, 3/12/2015, inilah trik untuk hidup bebas rasa menyesal:

1. Biarkan orang tersayang tahu perasaan Anda

Kesempatan merasakan cinta, dan dicintai, adalah salah satu hal terbaik dalam hidup. Ketika Anda mencintai seseorang, tunjukkanlah itu dari prilaku dan kata-kata.

Tak ada yang bisa menjanjikan hari esok, jadi pastikan Anda memberi tahu orang tersayang bahwa Anda mencintainya, setiap hari.

Hal ini tidak hanya akan meningkatkan hubungan Anda, tapi diri Anda sendiri juga.

2. Ikuti mimpi

Kebanyakan orang sering terlalu sibuk menjalani hidup untuk memenuhi ekspektasi orang lain, sehingga tidak memberikan kesempatan pada diri mereka sendiri untuk mengikuti mimpi.

Ketika Anda mengabaikan mimpi dan harapan, Anda melewatkan kesempatan untuk mencapai semua potensi secara maksimal. Disaat bersamaan, hal ini juga mencegah Anda untuk bisa benar-benar bahagia.

3. Percayalah pada firasat Anda

Intuisi adalah petunjuk terbaik dalam hidup. Ketika keputusan rasional datang dari pemikiran, intuisi Anda adalah suatu perasaan yang 'tahu segalanya', dan jika Anda benar-benar memperhatikan dan mengikutinya, hal ini tidak akan membawa Anda ke jalan yang salah.

Ketika Anda hanya melakukan segala sesuatu berdasarkan logika, Anda akan melewatkan berbagai kesempatan yang mungkin telah ditawarkan oleh intuisi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berani ambil risiko

4. Tinggalkan pekerjaan Anda di kantor

Bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup tentunya penting, tapi jangan lupakan hal-hal lainnya. Untuk bisa benar-benar berpartisipasi dalam semua aspek kehidupan, seperti menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang dan menikmati kegiatan yang berarti, Anda harus meninggalkan pekerjaan Anda di tempat kerja.

Tanpa adanya keseimbangan antara pekerjaan dan hal lainnya dalam hidup, Anda akan melewatkan hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda. Ketika Anda mencapai hidup, bukan pekerjaanlah yang berarti, melainkan orang-orang tercinta Anda.

5. Ambil risiko

Berada di zona nyaman Anda mungkin memang aman, tapi hal ini membuat Anda mustahil untuk bisa menjadi sesuatu yang hebat. Pikirkanlah satu cara setiap hari untuk melakukan sesuatu di luar zona nyaman akan membantu Anda untuk berani mengambil risiko.

Hal ini akan mendorong Anda untuk maju dan mendapatkan hidup yang lebih berarti lagi.

6. Jangan terlalu memusingkan hidup

Berhentilah memikirkan sesuatu yang berada di luar kontrol Anda. Biarkan rasa bahagia dan senang menjadi bagian dari hari-hari Anda.

Berhenti memusingkan hal-hal yang tidak penting atau di luar kontrol akan membantu Anda memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan.

3 dari 3 halaman

Jangan mudah menyerah

7. Ubah kegagalan jadi batu loncatan

Jangan berhenti ketika Anda pikir Anda sudah gagal. Alih-alih, gunakanlah kesempatan ini sebagai pelajaran yang bisa membantu Anda berkembang.

Thomas Edison gagal dulu sebanyak 1000 kali sebelum dia berhasil menciptakan bola lampu, bayangkan apa jadinya jika dia menyerah.

Selalu ubah kegagalan Anda sebagai batu loncatan yang membuat Anda bisa melangkah lebih jauh lagi.

8. Belajarlah untuk memaafkan

Pasti ada masanya dalam hidup saat Anda tersakiti. Bagaimana cara Anda menghadapi rasa sakit tadi tentunya terserah Anda.

Beberapa orang memilih untuk berpegang teguh pada rasa sakitnya sepanjang hidup. Namun, saat Anda memutuskan untuk memaafkan orang yang telah menyakiti Anda, rasa sakit tadi juga akan berkurang yang kemudian akan membuat Anda lebih mudah menjalani hidup.

9. Jadilah diri sendiri

Anda tentu sering mendengar kata-kata ini, namun hal ini memang benar dan sebaiknya selalu Anda terapkan dalam hidup. Masing-masing orang memiiki nilai, kepercayaan, kelebihan, keinginan, dan tentunya kepribadiannya masing-masing.

Keunikan Anda adalah hal membentuk Anda menjadi diri Anda sendiri. Dengan selalu menjadi diri Anda sendiri, dan menyukainya, Anda memberi kesempatan pada orang lain untuk melakukan hal yang sama.

10. Berbaikhatilah

Kebaikan yang disengaja adalah hadiah dalam hidup. Hal ini menciptakan keajaiban dalam hidup orang lain yang bisa jadi tak Anda sadari.

Sekedar senyum atau kebaikan kecil bisa jadi sangat mencerahkan hidup orang lain.

Hidup sangatlah singkat, dan Anda tidak pernah tahu berapa lama waktu yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda memanfaatkan hal ini sebaik mungkin, dan hiduplah tanpa penyesalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.