Sukses

7 Hal Sederhana yang Buat Hidup Lebih Bahagia

Mulai dari memulai hari dengan minum air putih hingga sentuhan fisik dengan orang terdekat.

Liputan6.com, New York- Sebagai manusia yang terus berkembang, masalah datang silih berganti. Namun jangan sampai hal tersebut membuat Anda jadi murung dan sedih. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak perasaan bahagia dalam diri Anda.

Untuk mendapatkan kebahagiaan tidaklah sulit, paling tidak tujuh hal berikut bisa membantu Anda capai hal tersebut seperti dikutip laman Men's Health, Kamis (3/12/2015).

1. Memulai hari dengan minum air putih

Hal sederhana ini memberi dampak luar biasa pada tubuh. Saat tidur tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sehingga perlu langsung minum usai bangun tidur. Penelitian dalam Journal of Nutrition sebutkan kekurangan cairan kurang dari satu persen dari normal mampu buat suasana hati jadi negatif, sulit konsentrasi, dan kelelahan.

2. Miliki hewan peliharaan

Beragam studi tunjukkan manfaat hebat dari memiliki hewan peliharaan, diantaranya cegah:

Depresi
Pemilik anjing cenderung jauh dari depresi dan kesehatan mental lainnya seperti diungkapkan dalam studi dari George Washington University.

Stres
Bermain dengan hewan peliharaan mampu tingkatkan serotonin dan dopamin yang bisa membuat Anda lebih rileks seperti hasil dari penelitian University of Missouri.

Penyakit jantung
Para pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki tingak trilesrida dan kolesterol rendah sehingga risiko terkena penyakit jantung juga rendah.

Tekanan darah tinggi
Senangnya memiliki anjing dan kucing bisa membuat Anda lebih tenang sehingga tekanan darah tidak tinggi di situasi penuh tekanan seperti dtemukan dalam studi yang dipublikasikan British Journal of Health Psychology.

3. Penampilan rapi atau menarik

Jika Anda terlihat menarik, Anda merasa lebih baik. Pernah merasa seperti itu bukan?
Sebuah studi dalam jurnal Studia Psychologica menemukan orang yang memiliki banyak waktu untuk bersiap-siap demi penampilan terbaik akan merasa jalani hari dengan percaya diri dan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan ikan

4. Musik klasik
Jika hari sedang menyebalkan, coba dengarkan musik klasik. Senuah studi temukan hubungan antara musik klasik dan meningkatkan dopamin yang membuat Anda jadi lebih tenang.

5. Paksa untuk senyum
"Coba tarik bibir Anda membentuk sebuah simpul senyum. Tunggu dalam satu, dua, tiga detik... dan Anda akan merasakan manfaatnya," terang psikolog Ros Taylor.
Senyuman yang dipaksakan mampu membuat Anda jadi lebih baik, orang yang Anda senyumi pun akan memberikan senyuman balik.

6. Rajin konsumsi ikan
Tahukah Anda bahwa negara-negara yang konsumsi ikannya tinggi seperti Jepang dan Taiwan, tingkat depresinya 10 kali lebih rendah dibanding Amerika Serikat atau Inggris? Ya, ternyata ikan seperti sarden, makarel, salmon yang kaya Vitamin D merupakan antidepresan alami seperti diungkap dalam Journal of Internal Medicine.

7. Sentuhan fisik
"Kontak fisik dengan orang yang dicintai, termasuk dengan hewan peliharaan memicu pelepasan oksitosin, yakni hormon yang menciptakan perasaan tenang," tutur psikolog relasi, Helen Fisher.
Salah satunya bisa dengan memeluk orang yang dicintai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini