Sukses

Mengapa Ciuman Terasa Menyenangkan?

Para peneliti dari Lafayette College di Pennsylvania, Amerika Serikat pernah mencoba mencari tahu penyebab munculnya perasaan tersebut,

Liputan6.com, New York- Pernah bertanya-tanya tidak mengapa saat ciuman dengan pasangan yang dicinta terasa begitu menyenangkan? Para peneliti dari Lafayette College di Pennsylvania, Amerika Serikat pernah mencoba mencari tahu penyebab munculnya perasaan tersebut.

Ternyata ciuman mampu meningkatkan hormon-hormon di otak. Dari serangkaian proses kompleks tersebut menghasilkan berbagai kombinasi perasaaan seperti jadi lebih rileks, gembira dan penuh cinta seperti diungkapkan studi ini. Inilah yang menyebabkan perasaan menyenangkan saat berciuman dengan pasangan yang dicinta.

Temuan menariknya, ternyata pria memiliki perasan senang dengan kadar lebih tinggi dibandingkan wanita. Sementara butuh usaha lagi bila wanita ingin mencapai rasa tingkat kesenangan ciuman yang sama dengan pria. Misalnya dengan musik romantis dan pencahayaan redup seperti dikutip dari laman Fox News, Rabu (2/12/2015).

Para peneliti tidak yakin mengapa terjadi perubahan hormon, mereka menduga hal ini disebabkan karena ada pertemuan air liur ketika melakukan ciuman bibir. Hal ini ternyata mampu meningkatkan kadar dopamin pada tubuh yang membantu meningkatkan rasa keterikatan pada pasangan.

Temuan ini sudah dipublikasikan dalam pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science di Chicago, Amerika Serikat. Studi ini dipimpin profesor psikologi di Lafayatte, Wendy Hill.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini