Sukses

Langkah agar Tetap Awet Muda di Usia 40

Inilah cara-cara supaya terhindar dari proses penuaan dini.

Liputan6.com, Jakarta Proses penuaan kulit perempuan usia 40 ke atas dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor dari luar yang bisa dicegah, seperti merokok, stres, paparan sinar matahari, polusi, dan gizi buruk.

Spesialis Kulit dan Kelamin Bethsaida Hospital Inneke Halim mengatakan, penuaan kulit yang umum terjadi adalah kulit kering, kusam, keriput, flek, lemak wajah berkurang, dan kulit kendur. "Tentu tidak ada perempuan yang mau ini terjadi. Maka itu, lakukan beberapa langkah supaya kulit tetap awet muda dan sehat," kata dia ditulis Senin (30/11/2015)

Ada pun langkah-langkah untuk memperlambat tanda penuaan dini yaitu dengan cara penggunaan sunscreen, pelembap, pembersih wajah lembut, olahraga, makanan sehat, tidur cukup, hindari ekspresi wajah berulang, dan konsumsi suplemen antioksidan.

"Atau melakukan sejumlah treatment seperti resurfacing, revolumization, repositioning," kata Inneke Halim.

Jika perubahan tubuh di usia akibat penumpukan lemak, lanjut Inneke, mengatasinya adalah dengan cara pola makan seimbang, olahraga teratur, serta body contouring treatment.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini