Sukses

Kerugian Akibat Nyeri Haid

Selain nyeri dan kram, banyak kerugian lain yang ditanggung wanita saat haid.

Liputan6.com, Jakarta Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit MRCCC Siloam Jakarta, dr. Ardiansjah Dara, SpOG mengatakan cukup banyak kerugian yang ditanggung perempuan saat mengalami nyeri haid.

Umumnya nyeri haid muncul ketika tubuh melepaskan hormon prostaglandin yang bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan meluruhkan lapisan dinding rahim. Ketika otot rahim berkontraksi dalam upaya meluruhkan lapisan dinding rahim, jelas dr Dara, nyeri dan kram merupakan rasa yang menyertai dan tak dapat dihindari.

"Nyeri haid itu sebenarnya momok yang akan dirasakan setiap bulannya. Dari literatur yang saya baca, di Amerika bisa kehilangan 600 jam atau setara 2 milliar US Dollar akibat nyeri haid sedang (dismenorea primer)," kata Dara dalam memperingati  '21 Tahun Kiranti, Sahabat Terbaik Wanita' di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Rabu (22/4/2015)

Bahkan, ketika nyeri dan kram dirasakan perempuan saat datang bulan, emosi sulit dikontrol dan tak jarang mengakibatkan 'perperangan' dalam rumah tangga. "Perempuan bisa sampai menangis karena nyeri haid. Akibatnya, rumah tangga pun terbengkalai," kata dia menambahkan.

Selain itu, saat nyeri haid menyerang, pengeluaran rumah tangga pun bertambah untuk membeli obat-obatan penghilang rasa nyeri. Padahal, di Indonesia banyak sekali terapi herbal yang digunakan sejak zaman nenek moyang yang sebenarnya dapat membantu meringankan rasa nyeri haid.

"Sayangnya, kita tidak menyadari itu," kata Dara.

 

Baca juga:

Apa Kata Psikolog: Saat Pertama Kali Haid 

4 Penyebab Kenapa Anda Terlambat Haid 

4 Cara Ampuh Hilangkan Sakit Perut Haid

Wanita Vegetarian Perlu Zat Besi Tambahan Saat Haid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini