Sukses

Virus Berbahaya Intai Ibu Hamil yang Ceroboh

Pastikan mencuci tangan usai memegang hewan peliharaan seperti kucing, burung, atau anjing.

Liputan6.com, Jakarta Virus toksoplasma kerap menakutkan para ibu hamil. Bagaimana tidak, bila kena serangan virus ini, janin atau bayi bakal cacat atau yang parah juga janin bisa meninggal alias keguguran kandungan yang terelakkan lagi.

Siapa sangka, munculnya parasit toksoplasma salah satunya disebabkan oleh kebiasaan kurang higienis ibu sendiri. Toksoplasma adalah penyakit akibat infeksi parasit Toxoplasma gondii. Biasanya ditemukan pada beberapa hewan seperti anjing, kucing, dan burung. Cara perpindahan dari hewan ke ibu hamil pun cukup mudah.

"Misalnya usai bermain dengan kucing yang membawa virus toksoplasma, lalu makan dan tidak mencuci tangan dengan tepat. Makanan bisa terkontaminasi virus toksoplasma," terang Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Agustin Kusumayati di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, pada Rabu (1/4/2015).

Perpindahan toksoplasma ini bisa membahayakan keselamatan janin. "Ini bisa membuat kali ibu hamil mudah keguguran setiapkali hamil," terang Agustin.

Kalau pun janin tetap hidup hingga lahir, bayi tidak akan sehat sempurna. "Bisa mengalami cacat bawaan. Selain itu, toksoplasma juga mengganggu intelegensia pada anak," tambahnya.

Karena itu, Agustin mengingatkan agar para ibu memastikan tangan benar-benar bersih ketika melahap sesuatu baik makan besar maupun sekadar kudapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.