Sukses

Kenali 2 Jenis Vaksin Pencegah Kanker Serviks

Di dunia, hanya ada dua vaksin HPV. Apa sajakah dan apa manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Human Papilloma Virus (HPV) merupakan sebuah virus yang menular melalui kontak kulit dengan kulit. Ada sekitar 130 HPV namun ada 4 tipe HPV yang sering menginfeksi manusia yaitu tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks serta tipe 6 dan 11 yang menyebabkan kutil kelamin.

"Di dunia ini hanya ada dua jenis vaksin HPV, vaksin bivalent dan vaksin quadrivalent," terang Medical Affairs Director Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia, dokter Suria Nataatmadja di Jakarta pada Selasa (14/10/2014).

Vaksin HPV bivalent berfungsi untuk mencegah hadirnya HPV tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks. Sedangkan, vaksin quadrivalent untuk cegah virus HPV tipe 16, 18, 6 dan 11 yang artinya mampu untuk mencegah kanker serviks sekaligus kutil kelamin.

Kedua vaksin tersebut pemberiannya sama-sama dilakukan tiga kali, yaitu pada bulan ke-0, dua bulan setelah vaksin pertama, dan terakhir empat bulan setelah vaksin kedua. "Yang terpenting pemberian vaksin ini diberikan tiga kali dalam jangka waktu satu tahun," terang dokter Andi Darma Putra, SpOG (K) Onk pada kesempatan yang sama.

Untuk perempuan yang ingin memilih akan menggunakan vaksin mana untuk mencegah kanker serviks, dokter Andi mengembalikan pada pasien.

Untuk vaksin quadrivalent dapat digunakan untuk laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki vaksin ini bisa mulai diberikan pada usia ideal 9 hingga 26 tahun. Sedangkan pada perempuan kedua vaksin bisa diberikan dari usia 9 hingga 45 bahkan 55 tahun.
 "Pemberian vaksin pada usia dewasa bisa di dokter penyakit dalam, atau jika anak laki-laki bisa ke dokter anak, untuk perempuan bisa ke dokter obstetri dan ginekologi," terang dokter Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.