Sukses

5 Manfaat Punya Postur Tubuh Tegak

Cara mudah dongkrak emosi positif dalam tubuh cukup dengan postur tubuh yang tegak.

Liputan6.com, Jakarta Postur tubuh tegak baik saat duduk maupun berdiri tak cuma baik untuk penampilan Anda, tapi juga berdampak besar bagi pikiran Anda. Tak percaya? Coba saat berjalan tegak saat berjalan kaki, otomatis rasa percaya diri akan muncul.

Selain tingkatkan rasa percaya diri, ini lima manfaat miliki postur tubuh tegak seperti dilansir Huffington Post, Selasa (7/10/2014).

1. Beri dorongan energi
Saat sudah loyo mengerjakan tugas kuliah atau bekerja, coba kembalikan posisi duduk ke posisi tegak. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biofeedback, berdiri atau duduk tegak bisa memperbaiki energi yang menurun dan perasaan depresi.

2. Kurangi stres
Pangkas emosi negatif seperti stres dengan duduk maupun berdiri posisi tegak. Postur tubuh tegak dapat meningkatkan suasana hati menurut studi dalam Health Psychology.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atasi ketakutan

3. Atasi ketakutan
Saat Anda merasakan perasaan deg-degan menghadapi presentasi penting maupun wawancara kerja, coba duduk dengan tegak. Menurut studi yang sama seperti di atas, membungkuk membuat perasaan takut dan emosi negatif.

4. Lebih produktif
Postur tubuh tegak mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa Anda berada dalam sikap mampu melakukan banyak hal. Hal ini meningkatkan testosteron sehingga produktivitas meningkat.

5. Bernapas lebih baik
Ketika membungkuk, aliran udara yang masuk ke paru-paru terhambat. Namun jika duduk tegak bisa meningkatkan asupan oksigen sekitar 30 persen.
Postur yang baik dapat membuka rongga dada sehingga memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke tubuh dan otak, memberikan kontribusi untuk meningkatkan energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini