Sukses

Makanan yang Sudah Jatuh Jangan Diambil lagi, Meski Belum 5 Menit

Tidak sedikit dari kita yang percaya, makanan yang berada di lantai kurang dari lima detik sekali pun tidak akan terkontaminasi

Liputan6.com, Jakarta Seringkali kita mengambil makanan yang terjatuh tanpa sengaja lalu memasukannya kembali ke dalam mulut, karena percaya bahwa makanan itu belum lebih dari lima menit berada di lantai. Tidak sedikit dari kita yang percaya, makanan yang berada di lantai kurang dari lima detik sekali pun tidak akan terkontaminasi, dan dapat dimakan kembali.

Jika Anda adalah orangnya, ada baiknya untuk mempertimbangkan kebenaran dari teori tersebut. Sebab, suatu penelitian yang dilakukan untuk menguji kebenaran itu mengungkapkan, teori itu adalah salah, dan hanya sebatas jargon saja.

Hasil dari penelitian itu menunjukan bahwa bakteri melompat ke dalam makanan kurang dari lima detik, setelah makanan itu terjatuh dan mendarat di lantai. Maka itu, ketika makanan yang akan masuk ke dalam mulut Anda tanpa sengaja terjatuh, ada baiknya untuk membuangnya. Sekali pun makanan itu lezat dan dianggap sehat.

Akan tetapi, bila Anda tetap ingin memakannya, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis lantai dari tempat mendaratnya makanan tersebut.

Bila lantai dalam keadaan kering dan bersih, maka jumlah mikroorganismenya sangat sedikit. Tapi bila makanan terjatuh di atas lantai yang basah atau karpet, ada baiknya untuk membuangnya. Sebab, jumlah bakterinya sangatlah banyak.

Dikutip dari Health Me Up, pada Senin (8/9/2014), penelitian yang sama juga muncul terkait dengan perilaku manusia itu sendiri. Dari hasil penelitian itu, perempuan disebut lebih mungkin untuk mengambil sesuatu dan memakannya kembali dibandingkan laki-laki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.