Sukses

Cara Makan Coklat yang Sehat dan Tak Bikin Gemuk

Selain manfaat kecantikan, cokelat juga diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Cek tips memilih cokelat dan makan cokelat yang tepat yuk

Selain manfaat kecantikan, cokelat juga diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mencegah stres karena kandungan antioksidan alaminya bisa menenangkan Anda.

Mungkin mengingatkan Anda sedikit bahwa cokelat mengandung antioksidan alami yang disebut flavanoid dan epicatechins yang bertindak sebagai polifenol yang membantu menjaga kelancaran aliran darah. Makan cokelat bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, dan mengurangi tekanan darah Anda.

Bukan hanya itu cokelat juga membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan sinar UV yang menyebabkan keriput. Masih ada lagi, studi terbaru juga menemukan bahwa orang dewasa yang makan coklat lima kali seminggu memiliki BMI (indeks masa tubuh) lebih rendah. Dan juga, cokelat mampu mengimbangi kadar hormon stres kortisol.

Tapi tahukah Anda, tidak semua cokelat memiliki manfaat keseluruhan yang disebutkan sebelumnya. Jika Anda ingin menuai manfaat cokelat, Anda harus sedikit lebih cerdas. Dan cek tips berikut yang dikutip dari Youbeauty, Sabtu (22/6/2013):

1. Pilih dark chocolate yang setidaknya memiliki kandungan 70 persen kakao agar Anda mendapatkan manfaat flavonoid.

2. Jangan pilih cokelat yang banyak memiliki kandungan susu karena cokelat susu mungkin banyak mengandung tambahan gula dan susu.

3. Waktu yang tepat makan cokelat adalah sebagai hidangan penutup di malam hari. Dan makan cokelat tidak lebih dari satu ons sehari.

4. Jangan mencampur secangkir cokelat dengan susu skim. Dan jangan tambahkan gula.

5. Sedikit cokelat setiap hari baik untuk kesehatan jantung, kulit dan mengurangi stres. Makan cokelat secukupnya dan nikmati hari Anda.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini