Sukses

Tetap Aman & Sehat di Malam Tahun Baru Serta Sesudahnya

Perayaan malam Tahun Baru jangan sampai membuat Anda melupakan kesehatan baik baik di malam harinya ataupun sesudahnya. Ini tipsnya.

Perayaan malam Tahun Baru jangan sampai membuat Anda melupakan kesehatan baik baik di malam harinya ataupun sesudahnya. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar perayaan Tahun Baru lancar tanpa gangguan kesehatan seperti dikutip doctoroz, Selasa (31/12/2013):

Malam Tahun Baru

1. Banyak yang mabuk

Untuk beberapa orang merayakan malam tahun baru dengan minuman beralkohol. Itulah yang membuat rawan kecelakaan mobil karena sopir mabuk usai merayakan malam Tahun Baru.

2. Jika minum cari yang aman

Gantilah minuman beralkohol dengan minuman bersoda. Tak ada aturan baku yang menyebutkan Anda harus mengonsumsi minuman beralkohol saat malam tahun baru.

3. Menyemil saat minum

Makanlah makanan berprotein tinggi seperti kacang, keju, dan daging untuk memperlambat penyerapan alkohol di pencernaan Anda. Jangan pernah minum dengan perut kosong.

4. Kopi tak memabukkan

Meskipun kopi memiliki stimulan dan membuat Anda lebih melek ketika mengantuk, ini tak mempercepat metabolisme alkohol di dalam aliran darah Anda.

5. Ingat, alkohol punya efek samping

Bahkan minuman ini bisa membuat pusing, mengantuk, sakit kepala, sakit perut, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat bisa berakibat fatal.

Sehari setelahnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman



1. Tetap terhidrasi

Alkohol adalah diuretik dan bisa menguras cairan tubuh dan nutrisi penting di tubuh Anda. Jika Anda tak tidur hingga larut malam dan minum terlalu banyak, minumlah minuman nonalkohol seperti kafein, jus buah, dan jus sayuran, teh herbal dengan lemon dan madu, kaldu, minuman olahraga.

2. Cukup istirahat

Setelah mendorong batas fisik Anda dengan banyak makan dan minum di pesta, tubuh membutuhkan beberapa waktu agar seimbang. Anda mungkin mengalami gejala seperti pening, pusing, lambung, dan sakit kepala. Jika memungkinkan, hindrai meminum analgesik yang bisa mengiritasi perut Anda atau bereaksi dengan sisa alkohol di sistem Anda.

3. Makan yang benar

Telur melunakkan efek mabuk karena asam amino yang disebut cysteine. Kerupuk dan karbohidrat ringan lainnya bisa meringankan perut mual. Pisang bisa menenangkan usus dan menyediakan kebutuhan gula dan nutrisi.

4. Vitamin

Mabuk bisa mengakibatkan sistem kekebalan tubuh Anda melemah, pertimbangkan membantu tubuh Anda dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin B, C, dan Magnesium.

(Mel)


 *Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Jangan Kapok Bikin Resolusi Saat Pergantian Tahun
Target 2014: Rawat Kulit Sehat Agar Tetap Cantik
Target 2014: Mengejar Karir Boleh, Asal Ingat Kesehatan
Yuk Buat Resolusi Hubungan Asmara di 2014


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.