Sukses

Kisah Akhir Hayat Usmar Ismail, Adakah Kaitan Stroke dan Stres?

Sebelum meninggal, Usmar Ismail mengalami stres karena masa-masa sulit yang dia lewati. Benarkah ada kaitan antara stres dan stroke?

Liputan6.com, Jakarta Stroke menjadi penyebab Usmar Ismail meninggal. Mengutip laman Historia, Rosihan Anwar, wartawan senior dan ipar Usmar Ismail mengatakan, sebelum meninggal dia mengalami stres akibat kerja sama yang buruk antara Pusat Film Nasional Indonesia (Perfini) dan perusahaan film Italia.

Namun, benarkah ada hubungan antara stroke dan stres?

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa stres dapat memacu adrenalin. Ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi tidak terkendali dengan meningkatnya jumlah sel darah putih, yang seharusnya mampu memerangi penyakit.

Selain itu, dikutip dari Times of India, individu yang tengah stres juga memiliki kemungkinan perilaku tidak sehat. Hal ini dinyatakan oleh peneliti senior Dingli Xu dari Southern Medical University di Guangzhou, Tiongkok.

Peneliti Prof Nahrendorf mengatakan, bagi pasien yang memiliki arteri dan sudah menebal dengan plak, ekstrak sel darah putih akan memperburuk peradangan dan dapat menyebabkan terjadinya sobekan.

Trombosit dan pembekuan protein akan segera mengisi luka yang terbuka. Jika pembekuan itu mengisi arteri, akan menyebabkan serangan jantung ataupun stroke.

Baru-baru ini, Susan Hartono, praktisi self healing dari Self Awareness Network mengatakan pada Health Liputan6.com bahwa hampir semua penyakit memiliki muatan stres.

"Sebetulnya hampir semua penyakit itu relevan dengan stres," kata Susan.

Untuk itulah, manajemen stres penting untuk mencegah terpicunya berbagai penyakit, salah satunya adalah stroke.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelum Meninggal, Usmar Ismail Nikmati Dansa Sendirian

Menjelang pergantian tahun, Usmar Ismail sempat mengajak keluarga dan sahabat-sahabatnya ke Miraca Sky Club, tempat usahanya yang dilikuidasi oleh Sarinah.

Usmar mengajak semua karyawannya berfoto. Dia memeluk satu per satu istri, kolega, dan karyawannya sambil mengucap selamat tahun baru dan salam perpisahan.

Rita Sri Hastuti menulis dalam “Mengenang 40 Tahun Kepergian Usmar Ismail dari Darah dan Doa,” dikutip dari laman dokumentasi perpusnas.go.id, bahwa dia melihat hal yang tidak biasa saat itu.

“Yang dianggap paling aneh, Usmar yang ketika muda pernah belajar dansa, malam itu ber-soul sendiri,” dikutip dari Historia.

Pada keesokan harinya pukul 17.00, Usmar tidak sadarkan diri karena pendarahan otak. Sempat terpikirkan untuk melakukan operasi pada otaknya, tetapi tidak memungkinkan.

Usmar Ismail meninggal pada 2 Januari 1971 dan dimakamkan di TPU Karet Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.