Sukses

Emosi Naik Turun Bak Roller Coaster Saat Menstruasi

Tepat sebelum dan saat menstruasi, emosi wanita bisa naik turun. Jadi gampang tersinggung, marah-marah, kesal, dan sedih. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria yang dalam kehidupannya dikelilingi wanita, pasti tahu betul kondisi emosi naik turun yang dialami wanita kala menstruasi. Bisa marah-marah, gampang tersinggung, mudah sedih bahkan sampai menangis.

Perubahan emosi ini memang umut terjadi tepat sebelum dan saat wanita menstruasi seperti disampaikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan asal New York, Amerika Serikat, Alysa Dweck.

Agar lebih mudah memahami alasan emosi wanita naik turun saat menstruasi kenali penyebabnya. Selengkapnya seperti mengutip Bustle, Kamis (1/2/208).

1. Hormon naik turun

"Hormon bisa sangat tidak stabil pada saat siklus tertentu," kata Dweck.

Penjelasannya seperti ini, sesaat sebelum menstruasi hormon estrogen secara perlahan meningkat. Namun, ketika menstruasi mendadak langsung turun. Kemudian kembali meingkat ketika menstruasi berakhir.

Selain estrogen, hormon lain turut memengaruhi perubahan suasana hati adalah progesteron. Saat menstruasi, hormon ini turun secara signifikan. Padahal, sebelum menstruasi, kata Dweck, kadar progesteron cukup tinggi.

2. Perubahan senyawa kimia di otak

Perubahan hormon rupanya memengaruhi senyawa kimia di otak seperti disampaikan Dweck. Nah, pada saat menstruasi dimulai serotonin turun. Ketika jumlah serotonin di otak rendah hal ini membuat wanita jadi gampang tersinggung dan sedih.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak makan asin

3. Toleransi nyeri rendah

"Toleransi rasa sakit atau nyeri berada di titik rendah ketika menstruasi. Jadi ini bukan waktu yang tepat untuk ke dokter gigi atau waxing," kata psikiater Julie Holland dalam bukunya Moody Bitches.

Oleh karena itu disarankan saat menstruasi untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang menenangkan. Teh chamomile salah satu contohnya.

4. Asupan makanan

Dweck mengatakan makanan tinggi gula atau garam bisa membuat perubahan suasasana hati makin memburuk.

 

3 dari 3 halaman

Kurang tidur

5. Kurang tidur

Ada tujuh dari 10 perempuan yang saat menstruasi mengaku sulit tidur nyenyak. Dan, lagi-lagi ini karena perubahan kadar hormon. Perubahan kadar hormon menyebabkan tidur jadi terganggu.

Ketika seseorang kurang tidur, hal itulah yang membuat mudah tersinggung dan mudah marah.

6. Tidak olahraga teratur

Saat menstruasi, sebagian wanita menghindari olahraga. Padahal olahraga yang rutin membantu mencegah kembung, mengurangi intensitas kram menstruasi.

"Olahraga juga meningkatkan senyawa kimia yang membuat bahagia," pesan Dweck.

7. Kondisi premenstrual dysphoric disorder

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, perubahan suasana hati yang sangat mencolok mengindikasikan sesuatu yang bukan biasa.

Jika suasana hati tidak terkendali dan bisa memengaruhi hubungan sosial dengan orang lain, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Sekitar 10 persen wanita yang menstruasi premenstrual dysphoric disorder.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini