Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Hindari Vagina Kering, Cek Daftar Penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan vagina kering, pastikan Anda tahu apa saja penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Vagina kering menjadi masalah umum wanita yang seringkali dirahasiakan. Rasa malu membuat wanita ragu untuk mencari pertolongan.

Menurut sebuah jejak pendapat, empat dari sepuluh wanita menderita vagina kering. Kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat bercinta, sulit mencapai orgasme dan membuat libido menurun.

Melansir Daily Mail, Jumat (27/10/2017), kekeringan pada vagina juga membuat wanita menjadi lebih sering buang air kecil dan rentan pada infeksi saluran kemih. Menurut Dr Leah Millheiser, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Stanford University, ada 5 pemicu penyebab vagina kering.

1. Menapouse

Kekeringan akan mempengaruhi kehidupan wanita saat memasuki masa menapouse. Perubahan tersebut menyebabkan kadar estrogen menurun, seiring dengan kadar hormon steroid lainnya, menurut International Society for Sexual Medicine.

Penurunan ini membuat jaringan vagina lebih tipis dan kering, kurang elastis dan lebih rapuh, serta menyebabkan ketidaknyamanan saat bersenggama.

Solusi: Gunakanlah pelembab berbasis silikon dan tak mengandung bahan kimia.

2. Penggunaan KB

Penggunaan KB menjadi salah satu penyebab umum kekeringan vagina yang banyak melanda wanita di usia muda. Pil KB akan menekan esterogen dan testosteron, di mana keduanya memiliki andil penting dalam kesehatan vagina.

Solusi: Konsutasikan ke doter untuk mengetahui pengaturan dosis pil KB yang tepat.

3. Pilek dan obat-obatan

Hawa dingin atau flu bisa memicu dehidrasi dalam banyak hal, tak terkecuali vagina. Selain itu, Dr. Millheiser mengatakan bahwa obat-obatan seperti antihistamin atau Sudafed dapat menyebabkan masalah ini juga dengan mengeringkan selaput lendir Anda.

Solusi: Untuk masalah ini cukup terbilang mudah, Anda cukup menghentikan pengobatan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sabun dan Menyusui

4. Sabun

Dr Millheiser menunjukkan, ketika orang mengeluh tentang kekeringan 'vagina', seringkali kulit di sekitar vulva, yang bisa menjadi kering dan teriritasi. Hal ini bisa dikarenakan oleh penggunaan sabun yang tak tepat.

Solusi: Gunakanlah air bersih untuk membersihkan vagina, tak perlu sabun.

5. Menyusui dan melahirkan

Tingkat esterogen akan menurun usai melahirkan, ini akan memicu vagina menjadi kering. Selain itu menyusui juga meningkatkan proklatin, hormon yang memproduksi ASI, yang pada akhirnya akan menekan hormon estergon dan testosteron sehingga vagina menjadi kering.

Solusi: Untuk wanita yang menyusui dapat menggunakan pelumas berbasis silikon untuk mengurangi rasa nyeri akiba gesekan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.