Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

3 Ramuan Alami untuk Atasi Infeksi Jamur pada Vagina

Infeksi jamur bisa diatasi dengan ramuan yang bisa dibuat di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Infeksi jamur pada vagina seringkali menyerang, namun wanita kerap mengabaikannya. Padahal ada banyak cara mengatasi infeksi jamur, salah satunya dengan ramuan alami yang bisa dibuat di rumah.

Penyakit yang disebut vaginitis memiliki gejala di antaranya rasa terbakar, nyeri dan terkadang disertai dengan produksi cairan berbau busuk, seperti dikutip dari laman Step to Health, Selasa (26/9/2017).

Penyebab infeksi jamur beragam, namun kebanyakan disebabkan oleh kondisi di area vagina wanita yang hangat dan lembab sehingga memudahkan jamur berkembang biak.

Untuk mengatasinya, sebagian wanita berkonsultasi ke dokter dan biasanya mendapatkan obat topikal dan antibiotik. Namun ada beberapa alternatif pengobatan yang bisa dilakukan di rumah.

1. Cuka apel organik

Cuka apel bisa digunakan untuk obat bilas vagina. Cara membuatnya, campurkan 30 ml cuka apel dengan 60 ml air. Basuhlah ke area vagina untuk mengatasi infeksi jamur.

2. Bawang putih organik

Mengonsumsi bawang putih organik dapat melawan jamur di vagina. Bawang terbukti ampuh mengobati infeksi jamur dan bakteri.

 

Saksikan video menarik berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Minyak pohon teh organik

Tea tree oil merupakan anti jamur yang alami dan efektif. Cara menggunakannya yaitu dengan meneteskan tea tree oil pada tampon dan masukkan ke vagina selama empat jam.

Lakukan hal ini pada pagi dan siang hari selama dua sampai tiga hari.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan yogurt organik untuk menyeimbangkan kadar pH di vagina. Caranya, oleskan secara topikal pada vagina dan bilas beberapa jam kemudian.

Untuk mencegah kembali terserang infeksi jamur pada vagina, hindari pemakaian celana yang terlalu ketat serta biasakan untuk mengeringkan vagina setelah membasuhnya agar tidak lembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini