Sukses

Olahraga Seminggu Sekali Bisa Cegah Depresi di Kemudian Hari

Studi kembali memperlihatkan manfaat positif dari rutin berolahraga. Bahkan, olahraga seminggu sekali bisa menurunkan risiko depresi.

Liputan6.com, Jakarta Studi kembali membuktikan manfaat olahraga. Orang yang rutin melakukan olahraga bisa mencegah dirinya terkena depresi di kemudian hari. Bahkan, hanya olahraga seminggu sekali saja sudah memberikan hasil positif bagi kesehatan mental.

Peneliti mengatakan, untuk mencegah depresi, tak perlu berolahraga secara intensif. Olahraga seminggu sekali sudah memperlihatkan hasil positif pada kesehatan mental seseorang.

Pada studi yang dilakukan di Norwegia, memperlihatkan orang dewasa yang tidak rutin olahraga 44 persen lebih berisiko terkena depresi. Sementara yang rutin olahraga satu atau dua jam per minggu risiko terkena depresi lebih rendah.

"Intensitas olahraga tampaknya tidak terlalu penting di sini. Nampaknya akan lebih mudah menjalankan aktivitas fisik yang bisa dijalankan sehari-hari seperti jalan kaki atau bersepeda," kata peneliti, seperti mengutip Time, Rabu (4/10/2017).

Banyak studi sebelumnya juga memperlihatkan, olahraga 20 menit mampu membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Hal ini karena olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.

Jika ingin mendapatkan manfaat bagi kesehatan fisik, Badan Kesehatan Dunia menyarankan individu berolahraga seminggu 150 menit. Otomatis bakal dapat manfaat sehat bagi fisik dan mental. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini