Sukses

7 Manfaat Olahraga Selama Hamil

Takut berolahraga selama hamil? Jangan. Sebab, olahraga selama kehamilan memiliki manfaat yang sangat besar

Liputan6.com, Jakarta Jangan pernah takut melakukan olahraga selama masa kehamilan. Para pakar kesehatan, mengatakan, olahraga tidak berbahaya bagi bayi dan sang ibu, justru sangat membantu para ibu yang ingin melahirkan secara normal.

Selain mencegah terjadinya komplikasi selama kehamilan seperti pre-eklampsia, melakukan olahraga secara rutin selama kehamilan pun menyimpan banyak manfaat seperti dikutip dari Baby Centre, Rabu (7/1/2014)

1. Mencegah terjadinya sakit punggung dan nyeri panggul, sembelit, serta kelelahan.
2. Merasa tubuh lebih baik selama kehamilan
3. Menjaga badan tetap sehat, dan berat badan tidak mengalami kenaikan yang cukup besar.
4. Tidur di malam hari lebih nyenyak
5. Membantu mengurangi depresi yang kerap dialami selama kehamilan.
6. Pikiran lebih plong saat menghadapi proses persalinan
7. Memudahkan para ibu untuk mengembalikan berat badannya setelah sang jabang bayi lahir.

National Health Service (NHS), mengatakan, bagi ibu hamil pengidap diabetes (gestational diabetes), melakukan olahraga dapat membantunya mengelola kadar gula darah dalam tubuh.

Mereka menyarankan, lakukanlah olahraga selama 30 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lebih dari itu karena justru berisiko bagi keduanya.

"Intinya, bila saat berolahraga si ibu masih bisa melakukan percakapan, tandanya olahraganya baik. Tapi, bila bicaranya terengah-engah, mungkin olahraga yang dilakukan terlalu keras," kata mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini